HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Budidaya Pohon Kurma Dari Biji

Buah Kurma

Langkah pertama untuk menumbuhkan biji buah kurma yang perlu anda buat persiapan yaitu mempunyai “BIJI KURMA”, anda dapat peroleh biji kurma lewat cara beli buah di market atau impor biji kurma unggul yang anda kehendaki macamnya. Sebelumnya mengawali menumbuhkan palem Phoenix dactylifera dari biji, mungkin saja sebaiknya langkah pertama yaitu memastikan type buah kurma.

Type kurma yang bisa anda tentukan yaitu : Ajwa (kurma nabi) , Medjool, Zahidi, Deglet nour, Khalas, Khenaizi, Khadrawi serta masihlah beberapa ribu type kurma yang lain. Tetapi di antara banyak type buah kurma cuma sebagian yang mempunyai nilai jual tinggi, untuk sekarang ini admin telah mulai menumbuhkan kurma Ajwa, Medjool, Zahidi, Deglet nour, Khalas, Khenaizi serta lulu. Silahkan anda tetapkan sendiri type kurma faforit apa yang bakal ditumbuhkan.

Beberapa langkah untuk menumbuhkan biji kurma berdasar pada pengalaman pribadi organikilo. co diantaranya :

1 – Persiapan Type Biji
2 – Bersihkan beberapa bekas daging buah yang melekat
3 – Perendaman/Merendam
4 – Sistem Perkecambahan
5 – Perpindahan bibit

*Baca Juga Mengintip Prospek Bisnis Pembibitan Tanaman Cengkeh

PERSIAPAN BIJI KURMA

Untuk menyiapkan biji kurma yang bakal ditumbuhkan, seperti uraian diatas anda bisa beli buah kurma di market atau mungkin dengan langkah impor biji/benih kurma. Baiknya tanamlah bibit kurma yang mempunyai nilai jual tinggi baik itu buahnya atau pohonnya seperti : Ajwa, Medjool, Zahidi, Deglet nour serta Khalas. Berdasar sebagian literatur di bebrapa komunitas kurma luar negeri, pohon palem kurma itu mempunyai harga jual buah serta pohon yang bagus.

MEMBERSIHKAN BIJI KURMA DARI SISA-SISA DAGING BUAH

Bersihkan biji kurma dari beberapa bekas daging buah sangat utama, langkah tersebut dikerjakan untuk peroleh persentasi persen daya kecambah yang tinggi. Sisa-sisa daging buah yang melekat pada biji bisa menyebabkan tumbuhnya jamur, atau bisa mengundang semut serta kutu putih untuk mengonsumsi dan mengakibatkan kerusakan biji sebelumnya berkecambah. Pengalaman yang pernah kami alami yaitu tumbuhnya jamur pada biji kurma dan rusaknya biji akibat di makan semut hitam sebelumnya biji pernah berkecambah.

Membersihkan serta direndam biji kurma deglet
Langkah paling baik untuk bersihkan biji kurma dari beberapa bekas daging buah yaitu dengan mencucinya memakai air serta pasir halus, sampai keadaan biji betul-betul bersih dari beberapa bekas daging buah.

http://KarungBeras99.com

PERENDAMAN/MERENDAM BIJI

Sesudah biji kurma dicuci bersih, langkah selanjutnya yaitu lakukan perendaman atau merendam biji memakai air bersih (**admin memakai air mineral dalam paket) sampai 5 x 24 jam. Air untuk merendam biji kurma tiap-tiap 24 jam sekali mesti ditukar dengan air yang baru, untuk mempercepat sistem perkecambahan biji kurma pada hari ke 4 baiknya memakai kombinasi air serta ZPT (Zat Pengatur Tumbuh Organik) sesuai sama ukuran.

Rendam biji kurma Ajwa & Deglet ke air bersih
Untuk kurangi tingkat kegagalan dalam perkecambahan biji, baiknya jauhi memakai air yang bersumber dari PDAM, ini karena air yang di salurkan oleh PDAM ada kandungan zat kaporit serta kurang pas untuk sistem perkecambahan biji. Manfaatkanlah air sumur yg tidak tercemar atau yang paling baik memakai Air Mineral dalam paket.

*Bca Lagi Menanam Melon Dalam Polybag

PROSES PERKECAMBAHAN BIJI

Pada step atau sistem perkecambahan bisa anda kerjakan dengan dua cara, yakni menyemai biji yang sudah melalui langkah perendaman 5 hari terlebih dulu, dapat segera disemai pada pot memakai kombinasi cocopeat serta pasir yang di tutup tidak tebal memakai cocopeat. Atau biji ditumbuhkan/dikritikbahkan terlebih dulu akarnya memakai wadah/tupperware yang dilapis tissue basah di bagian dasarnya lalu tutup rapat serta taruh pada tempat gelap.

Biji kurma semai di pot dengan cocopeat
Sistem perkecambahan memakai tissue basah ini umumnya memerlukan saat 2-4 minggu, sesudah tumbuh dengan kepanjangan akar 5-10 cm baru di geser ke media tanaman, baik itu memakai pot atau polybag. Tetapi langkah yang admin pakai saat ini yaitu menyemai segera biji-biji yang sudah di rendam memakai pot, tanpa ada melalui sistem perkecambahan terlebih dulu, sesudah tumbuh satu daun baru sistem memindahkan di polybag.

MEDIA TANAM UNTUK BIBIT KURMA

Kombinasi media tanam untuk bibit kurma baiknya memakai beberapa bahan yang mempunyai porositas bagus, berarti media untuk menanam bibit kurma saat disiram jadi air segera turun keseluruhnya. Kombinasi media tanam memakai Pasir, Kompos (bokashi), cocopeat serta arang sekam padi, tetapi kombinasi itu tak baku anda bisa memakai beberapa bahan lain yang mempunyai porositas paling baik. Sebagai perbandingan kombinasi media tanam yaitu 2 : 1 : 1 (pasir 2, Kompos 1 serta arang sekam 1).

menumbuhkan Bibit kurma Khalas 1 daun
Kombinasi media tanam yang bagus adalah aspek utama untuk memenuhi semua keperluan unsur hara untuk tanaman supaya mempercepat perkembangan kurma jadi bongsor. Ini lantaran rata-rata type palem kurma mempunyai daya kecepatan tumbuh yaitu tengah sampai begitu lambat bila kecukupan semua type unsur hara dan aspek pengairan kurang.




jika anda membutuhkan plastik mulsa, percayakan pada kami, kami sudah berpengalaman sejak dulu. jika ingin tau info pemesanan hubungi kami di 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com atau info update harga klik DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Pohon Kurma Dari Biji"

Posting Komentar