HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tata Cara Budidaya Tanaman Caladium ( Keladi Hias )


Caladium adalah jenis tanaman hias yang menampilkan daun yang menarik pada musim-musim tertentu. Di musim kemarau tanaman ini mengalami masa istirahat selama 4-5 bulan. Pada saat istirahatlah, daun tanaman yang berpenampilan indah dan menarik menghilang. Daun Caladium ada yang berwarna kombinasi merah, oranye, putih, hijau, perak, atau berwarna putih sampai merah.

Bentuk daun Caladium seperti hati dan urat daun nampak jelas karena daun caladium memang tipis. Ukuran lebar daun 30 cm, panjang 30 cm.

Ketinggian tanaman 35-40 cm. Tanaman tersebut tumbuh dari umbi yang terbentuk semacam bola.

PERSYARATAN TUMBUH

1). Kebutuhan Cahaya

Caladium tumbuh paling bagus bila mendapat cahaya matahari tidak langsung. Apabila tanaman tersebut hanya memperoleh cahaya buatan, minimal memerlukan cahaya 400 f.c.

2). Kebutuhan suhu   

Tanaman ini membutuhkan suhu lingkungan pada siang hari 750F-850F dan malam hari 650F-750F.

BACA JUGA

Metode Budidaya Sawi Putih Hingga Tumbuh Subur

Hati-Hati Terhadap Hama Ini, Bisa Mematikan Tanaman Anggrek Anda!

Ternyata, Seperti Ini Cara Yang Benar Budidaya Tomat Dengan Panen Melimpah!

Trik Mencangkok Buah yang Lebih Gampang


Media Tanam

Tanaman caladium bisa tumbuh bagus apabila mendapat media yang terdiri atas campuran dua bagian tanah kebun, dua bagian pupuk kandang dan satu bagian pupuk pasir.

Selama tanaman hidup pada periode tumbuh media harus selalu dalam keadaan lembab. Jika daun mulai layu pada 7 atau 8 bulan setelah periode tumbuh, biarkan tanah menjadi kering selama 3 atau 4 bulan. Sedikit demi sedikit dau tumbuhan akan mengalami proses kematian yang secara bertahapdi awali dengan mengerutnya daun.

Akhirnya, seluruh daun dan tanaman yang berada di permukaan tanah lenyap. Walaupun daunnya habis, tanaman tersebut tidak akan mati selamanya. Umbinya mampu menyimpan air sehingga pada saat hujan, tanaman tersebut akan akan tampil kembali memperlihatkan keindahan daunya yang baru.

1). Pemupukan

Pemupukan tanaman caladium hanya di lakukan pada saat tanaman mengalami periode tumbuh. Pemupukan di laksanakan sebulan sekali.

2). Pengepotan Kembali

Pengepotan kembali dilakukan pada saat tanaman telah memenuhi seluruh permukaan pot. Penggantian pot harus lebih besar daripada pot yang lama. Penggantian media di lakukan pada awal musim penghujan.

3). Perbanyakan Tanaman

Perbanyakan caladium di lakukan dengan cara memisahkan atau membagi-bagi umbinya. Pada awal pertumbuhan umbi tekanlah umbi tersebut masuk ke dalam media yang berada di dalam pot sedalam 2,5 cm agar calon tunas berada di dalam media yang kondisinya basah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tata Cara Budidaya Tanaman Caladium ( Keladi Hias )"

Posting Komentar