HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Ampuh Mengusir Hama Burung Tanaman Padi Sawah

Burung kini sudah menjadi hama padi. Kerusakan paling parah akibat hama burung yaitu gagal panen. Burung biasa menyerang tanaman padi secara koloni atau berkelompok. Apabila satu burung memakan 10 gram bulir padi sehari dan koloni burung berjumlah 10.000 ekor maka dalam sehari kehilangan hasil tanaman padi bisa mencapai 100.000 gram per hari. Kehilangannya disebaban dari dimakan, kehilangan hasil juga dapat terjadi dari kerusakan tumbuhan yang roboh dan bulir padi rontok akibat dihinggapi hama burung. Jadi jika tidak dikendalikan dengan mengusir dan menghalau, 1 hektar padi bisa dihabiskan hama burung dalam beberapa hari.

Burung, kini sudah menjadi hama padi

Burung hama padi mengakibatkan kerusakan pada stadia padi setengah masak sampai pemasakan bulir . Serangan burung hama padi mengakibatkan banyak biji yang hilang sehingga malai tidak ada bijinya. Hama burung menimbulkan kerusakan apabila terjadi perbedaan waktu tanam yang signifikan (lebih dari 3 minggu) daripada hamparan sawah di sekelilingnya. Level kerusakan yang disebabkan gangguan hama burung belum dilaporkan secara pasti sebab tidak setiap musim tanam terjadi serangan hama burung. Biarpun demikian, berdasarkan penglihatan di lapangan, kerusakan sedang hingga berat terjadi pada tumbuhan padi yang mencapai stadia generatif lebih dahulu. Kerugian ekonomi lain yaitu meningkatnya biaya produksi karena adanya penambahan tenaga kerja untuk mengusir burung yang menyerang pertanaman padi.

BACA JUGA

Metode Budidaya Sawi Putih Hingga Tumbuh Subur

Hati-Hati Terhadap Hama Ini, Bisa Mematikan Tanaman Anggrek Anda!

Ternyata, Seperti Ini Cara Yang Benar Budidaya Tomat Dengan Panen Melimpah!

Trik Mencangkok Buah yang Lebih Gampang


Bermacam-macam jenis burung tercatat sebagai hama potensial pada budidaya padi, diantaranya beberapa jenis burung pipit (Jawa : manuk emprit; Sunda : bondol) kayak Lonchura striata, L. maja, dan L. puntulata, burung gelatik , burung derkuku (Jawa : manuk deruk), terkuku (Jawa : manuk puter) dan burung gereja (Passer montanus). Spesies burung yang selalu mengakibatkan kerugian serius adalah burung pipit yang biasanya mengganggu secara bergerombol dari puluhan sampai ribuan jumlahnya. Puncak aktifitas harian burung hama padi adalah pagi dan sore hari. Biasanya burung hama padi sudah menyesuaikan perkembangbiakannya dengan stadia tumbuhan padi.

Cara ampuh mengusir hama burung

Penanggulangan terhadap burung hama padi masih dilakukan secara tradisional sebab burung tidak selalu memunculkan kerugian pada setiap musim tanam padi. Akan tetapi burung hama padi perlu memperoleh perhatian dengan melakukan penanggulangan.

Bermacam-macam cara yang biasa dilakukan petani adalah sebagai berikut :

1). Tanam dan panen serentak untuk membatasi ketersediaan pakan bagi burung atau hindari tanam diluar musim agar tidak menjadi satu-satunya sumber pakan burung
2). Pada benih yang baru ditabur dibentangkan benang-benang (jahit) sehingga burung kesusahan mencari tempat mendarat sehingga cenderung menjauhi pesemaian
3). Pada tanam benih langsung basah maupun kering, sebaiknya benih ditutup dengan tanah
4). Halau langsung burung di pertanaman terutama pada puncak aktifitas burung (pagi dan sore hari)
5). Pada skala kecil (petak-petak percobaan) dengan melebarkan jaring untuk melindungi tanaman
6). Lebarkan jaring di tepi petakan sawah buat menangkap burung hama padi
7). Pakailah pengusir burung seperti bendera, umbul-umbul, hologram, orang-orangan, patung predator, balon atau layang-layang
8). Gunakanlah suara-suara kayak teriakan, lonceng, petasan, tembakan & bunyi-bunyian pengusir

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ampuh Mengusir Hama Burung Tanaman Padi Sawah"

Posting Komentar