HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Panduan Sederhana Cara Budidaya Uwi, Tanaman Umbi Yang Cukup Langka!

Uwi ialah ubi yang dapat dikonsumsi serta disukai ketimbang varietas yang lain dari genus Dioscorea. Ubi uwi, ubi pasir, serta gembili yang cukup aman untuk dikonsumsi daripada Gembolo serta gadung.



Tanaman ini termasuk perdu yang memanjat serta bisa memiliki ketinggian 3-10 m. Tanaman ini tumbuh semusim, memanjat, perakarannya bersistem serabut, umbinya beragam, bulat, bercabang, pipih memanjang, dan menjari. Nama uwi diberikan menurut bentuk umbinya. Kulitnya yang berwarna coklat kehitaman. Tekstur pada umbinya cukup kasar. Daging pada umbinya berwarna putih ungu ataupun warna gading. Tekstur umbinya sedikit berlendir.

Tanaman uwi biasanya mempunyai bentuk batang persegi serta berwarna sesuai jenisnya. Pada tanaman ini membelit di tegakan pohon serta bisa pula menjalar ke permukaan tanah. Batangnya tak mempunyai duri sama halnya dengan bagian akarnya. Daunnya tergolong daun tunggal dan berbentuk jantung memanjang. Warna pada daunnya menyelaraskan dengan jenis umbi uwinya. Bentuk bunganya bertandan serta berwarna hijau. Uwi ini berasal dari daerah Asia tenggara lalu tersebar ke India. Terdapat banyak jenis uwi yang sering ditemui pada perkebunan dan pekarangan rumah di Indonesia.

BACA JUGA

Metode Budidaya Sawi Putih Hingga Tumbuh Subur

Hati-Hati Terhadap Hama Ini, Bisa Mematikan Tanaman Anggrek Anda!

Ternyata, Seperti Ini Cara Yang Benar Budidaya Tomat Dengan Panen Melimpah!

Trik Mencangkok Buah yang Lebih Gampang


Bagi Anda yang ingin membudidayakan uwi tersebut, berikut langkah-langkah budidaya umbi uwi secara praktis dan sederhana :

1. Perbanyakan
Tumbuhan uwi ini bisa diperbanyak menggunakan tunas yang ada atau tumbuh pada bagian kepala umbi.

2. Penanaman
Proses penanaman dikerjakan kerika musim penghujan dengan cara menanam secara langsung tunas di lubang yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Lalu lubang tersebut selanjutnya ditutup memakai tanah yang telah dicampuri dengan sampah (bisa dengan sampah organik ataupun pupuk kompos).

3. Pemanenan
Langkah pemanenan dikerjakan saat tanaman berusia 1-2 tahun, proses panen yang dikerjakan tiap 3 tahun sekali bisa membuahkan hasil umbi uwi yang memiliki berat mencapai 50 kg lebih. Ketika musim kemarau tumbuhan ini bakal layu lalu mati serta tumbuh lagi saat musim penghujan atau ketika kadar kelembapan pada tanah sudah mencukupi.

4. Pemanfaatan
Untuk bagian yang dipergunakan atau dimanfaatkan dari uwi ialah bagian umbinya. Pengolahan umbi uwi masihlah amat sederhana yakni cukup dengan dikukus, direbus, maupun dibakar. Untuk pemasaran hasil panen uwi ini, oleh masyarakat cukup terbatas dalam keadaan bentuk umbi yang masih segar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Sederhana Cara Budidaya Uwi, Tanaman Umbi Yang Cukup Langka!"

Posting Komentar