HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Trik Mencangkok Buah yang Lebih Gampang

Mencangkok atau okulasi ialah teknik pengembangbiakan tanaman yg benar-benar layak untuk di tanam di dalam pot. Di samping sebab qualitas buahnya terjaga sama spt induknya juga nantinya pohon tumbuh tak terlalu tinggi. Pohon yg dikembangbiakan dg teknik cangkok tak akan memiliki akar tunggang.
Tanaman yg bisa dicangkok ialah tanaman buah berkayu keras atau berkambium. Misal: Mangga, jambu, jambu air, jeruk, dsb.

Bahan dan alat yang diperlukan untuk cara kerja mencangkok :
a. tanaman jambu air, jambu biji, mangga, rambutan, dan lainnya
b. tanah yang gembur
c. pupuk sangkar
d. pisau atau kater yang tajam
e. gergaji
f. pembungkus dari plastik, sabut, atau ijuk
g. tali rafia
h. kantong plastik hitam(polybag).

BACA JUGA

Jual Plastik UV Untuk Greenhouse dan Pengeringan

Inilah Tips Budidaya Kacang Tanah Secara Mudah, Namun Hasil Melimpah Ruah!

Melirik Bisnis Menguntungkan, Budidaya Anggur Dalam Pot (Tabulampot)

Mau Budidaya Nangka Anda Berbuah Manis? Ikuti Tahapan Dibawah!

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Pilih dahan tanaman yang bergaris tengah kaprah-kaprah 2 cm. Panjang dahan kaprah-kaprah 100 cm dan dahan tumbuh tegak.
2. Sayatlah kulit cabang secara melingkar sepanjang 3-5 cm. Kulit cabang yang disayat sebaiknya berada ideal di bawah kuncup daun.
3. Keratlah kulit dahan itu dengan ujung pisau. Kikislah kambium yang mungkin masih menempel pada komponen kayu, membuang lendir yang membasahinya.
4. Keringkan komponen dahan yang sudah dikupas dengan membolehkannya selama 2-5 hari.
5. Bungkuslah dahan yang sudah terkupas dengan plastik, ijuk, atau sabut. Ikatlah komponen bawah lembaran pembungkus kaprah-kaprah 6 cm di bawah sayatan.
6. Masukkan tanah berair yang sudah dicampur pupuk sangkar ke dalam pembungkus itu.
7. Rapikan sehingga dahan yang terkupas itu tertutup tanah seluruhnya. Ikatlah komponen atas lembaran pembungkus.
8. Jagalah tanah pada bagaian yang dicangkok supaya konsisten lembap. Siramlah tanah secara teratur (pagi & petang), terpenting bila tak hujan. Untuk menyiram tanah itu, bukalah ikatan atas sementara.
9. Amatilah situasi dahan yang dicangkok dikala anda menyiramnya.
10. Pertumbuhan akar yang total memerlukan waktu berbulan-bulan. Bila akar tumbuh total, potonglah dahan tesebut dengan gergaji ideal di bawah pembungkus cangkokan.
11. Jangan seketika menanam cangkokan ini di kebun(tanah terbuka). Cangkokan itu lebih bagus disemaikan dulu. Untuk itu, isilah polybag dengan campuran tanah gembur dan pupuk sangkar. Buatlah lubang pada komponen bawah polybag, kaprah-kaprah berdiameter 2 cm.
12. Tanamlah cangkokan di wadah persemaian (polybag) ini. Letakkan di daerah yang agak adem. Waktu yang diperlukan untuk penyemaian kaprah-kaprah 3 bulan.
13. Sesudah itu semaian bisa dipindahkan ke daerah yang lebih banyak mendapatkan sinar sang surya.
14. Alhasil hasil semaian (cangkokan) bisa ditanam di tanah terbuka. Untuk itu, buatlah lubang sebesar ukuran semaian polybag. Tanamlah cangkokan bersama dengan tanah semaiannya.
15. Siramlah tanaman baru ini tiap-tiap hari.

*Jika Anda membutuhkan polybag/koker untuk pembibitan dengan ukuran yang bisa custom, langsung saja Hub. 081232584950 / 087702821277. Info harga bisa langsung Anda cek DISINI

Itulah langkah-langkah untuk mencangkok tanaman. Mungkin ada manfaat yang bisa kita temukan. Sebab seluruh ilmu bila kita ambil sisi pantasnya karenanya akan berkhasiat bagi kita. Di sekolah dapat dipakai untuk suatu penelitian atau praktikum terhadap para siswa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik Mencangkok Buah yang Lebih Gampang"

Posting Komentar