HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Lakukan 5 Tahapan Paling Penting Ini, Ketika Budidaya Selada

Selada ialah tanaman sayur yang umumnya ditanam pada wilayah beriklim tertentu ataupun wilayah tropika. Manfaat utama selada ialah dijadikan sebagai salad. Angka produksi selada di dunia diperkirakan mendekati 3 juta ton, yang dibudidayakan pada 300.000 hektare lahan lebih.

1. Pembenihan & Pembibitan

Selada dikembangbiakkan pakai biji. Benihnya berbentuk biji tersebut dapat ditebarkan langsung pada atas bedengan, tetapi akan lebih baik jika disemaikan lebih dulu pada lahan persemaian sekitar 1 bulan ataupun ketika bibit tersebut sudah mempunyai 3-5 daun. Proses pembibitan memakai persemaian selain bisa menghemat bibit, pula memudahkan perawatan benih, sebab benih yang bakal dipindahkan bisa lebih dulu disortir.

2. Pengolahan Tanah

Proses ini dikerjakan dengan mencangkuli ataupun membajak guna menggemburkan tanah. Sesudah itu tanah didiamkan selama 15 hari, sebelum diolah kembali dengan membuat bedengan maupun cukup disamaratakan pada sekitaran lahan dikasih parit saluran air selebar 40-60 cm serta sedalam 50-60 cm. Kalau dibuat bedengan, parit dibuat selebar 80-120 cm serta setinggi 30-40 cm, jadi tiap bedengan dapat ditanami 3-5 baris memakai jarak antara tiap bedeng 30-40 cm.

BACA JUGA

Melirik Bisnis Menguntungkan, Budidaya Anggur Dalam Pot (Tabulampot)
Mau Budidaya Nangka Anda Berbuah Manis? Ikuti Tahapan Dibawah!
Begini Ternyata Cara Budidaya Tanaman Ubi Kayu (Singkong) Yang Benar
Rahasia Sukses Budidaya Jeruk Nipis

3. Penanaman

Penanaman sebaiknya dikerjakan di akhir musim penghujan ataupun kisaran bulan Maret/April, di saat pagi maupun sore hari.

Terdapat 2 cara yang bisa dikerjakan guna menanam selada, yaitu dengan :

- Menaburkan benihnya secara langsung tanpa perantara
- Bibit yang sudah disemai, dipindahkan ke lahan tanam.

Tetapi, dari cara-cara di atas, penanaman yang terbaik ialah lewat penyemaian bibit lebih dulu.

4. Perawatan & Pemeliharaan

- Penyiangan
Lakukan penyiangan saat berusia 2 minggu. Ini dikarenakan akar selada yang tumbuh di tanah cukup dangkal, jadi tak sanggup beradu dengan tanaman lainnya.

*INFO HARGA MULSA PLASTIK TERLENGKAP & TERUPDATE

- Pengairan
Sebab selada perlu cukup banyak air, maka proses pengairan pula perlu dilakukan, terutama pada wilayah dataran rendah bersuhu udara panas dan pula sering terjadi kekurangan pasokan air.

- Penyiraman
Proses ini dapat dikerjakan langsung dengan menyiramkan air di batang serta daun tanaman, dapat pula dengan mengalirkan air lewat parit pada kanan dan kiri lahan.

- Pemupukan
Kalau tanaman nampak kurang subur, berikanlah pupuk tambahan seperti pupuk kandang sekitar 2 ton guna 1 hektare area lahan.

5. Pemanenan
Ketika tanaman berusia 2-3 bulan, Selada sudah bisa dipanen. Pemanenan selada dilakukan dengan memngkas tanaman yang terdapat di permukaan tanah, ataupun dengan mencabuti tanaman bersamaan dengan bagian akarnya.

Bagian akar selada hasil pemanenan tersebut kemudian dicuci bersih, serta daunnya yang rusak segera dibuang. Selada digolongkan menurut ukurannya sebelum akan dijual.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lakukan 5 Tahapan Paling Penting Ini, Ketika Budidaya Selada"

Posting Komentar