HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Budidaya Lengkuas Merah & Putih Ternyata Bisa Menghasilkan

Lengkuas termasuk salah satu jenis tanaman umbi-umbian yang dapat hidup pada wilayah dataran tinggi ataupun dataran rendah. Biasanya masyarakat bakal memanfaatkannya untuk dijadikan campuran bumbu masakan serta pengobatan tradisional.

Tanaman ini amat gampang guna dikenali sebab mempunyai bau yang khas dan juga pohonnya yang cukup tinggi dan bentuk daun yang agak menyirip. Tetapi, harus diketahui bahwa lengkuas memiliki dua jenis, yaitu lengkuas merah serta juga lengkuas putih.

Jadi, untuk Anda yang ingin membudidayakan tanaman lengkuas merah serta lengkuas putih, dapat Anda simak artikel berikut. Nah, guna mendapatkan hasil panen yang bagus memadai serta bermutu tinggi, maka tahap dalam penanaman serta pemeliharaan termasuk faktor penting guna memenuhi hal tersebut.

Berikut ini cara-cara yang perlu dikerjakan guna membudidayakan tanaman lengkuas. Pastikan juga Anda membaca sampai selesai, agar ilmu yang diperoleh pun tak setengah-setengah. Penjelasannya, sebagai berikut :

1. Tahap Pembibitan

Bibit unggulan ialah bibit yang harus memenuhi persyaratan mutu genetik, dan mutu fisiologis, serta mutu fisik. Mutu fisik ialah bibit yang terbebas dari hama serta berbagai penyakit. Oleh sebab itu syarat yang perlu dipenuhi yakni :

· Bahan dari bibit ini diambil secara langsung dari kebun
· Pilih bahan bibit dari tumbuhan yang telah tua.
· Pilih pula tumbuhan yang sehat serta kulit rimpang tak terluka ataupun lecet.

BACA JUGA

Tips Sukses Bertani Tomat, Lengkap & Praktis!!


2. Penyemaian Bibit

Caranya ialah membuat sebuah rumah penyemaian yang berukuran 10 x 8 m guna menanam bibit 1 ton. Dalam tempat penyemaian bedengan dari timbunan jerami setebal sekitar 10 cm. Rimpang bibit ditata pada bedengan jerami kemudian ditutup jerami, serta di atasnya diberikan rimpang kemudian diberi jerami juga, dan seterusnya, sampai diperoleh 4 susunan berlapis rimpang dengan atas yakni jerami.

Pemeliharaan bibit di bedengan bisa dikerjakan dengan penyiraman tiap hari serta sekali-kali disemprot dengan cairan fungisida. Sesudah 2 minggu, ummumnya rimpang telah bertunas. Jika bibit bertunas dipilih supaya tak terbawa bibit bermutu rendah. Bibit terseleksi tersebut lalu dipatah-patahkan memekai tangan serta tiap potongan mempunyai 3–5 mata tunas serta beratnya sekitar 40-60 gram.

3. Penyiapan Bibit

Sebelum akan ditanam, bibit lebih baik perlu dibebaskan lebih dulu dari serangan penyakit dengan cara bibit tadi dimasukan ke karung serta dicelupkan ke larutan fungisida kira-kira 8 jam. Selanjutnya bibit di jemur sekitar 2-4 jam, berulah bisa untuk ditanam.

4. Pengolahan Media Tanam

- Persiapan Lahan Tanam
Guna memperoleh hasil panen yang berkualitas, maka terdapat persyaratan yang harus diperhatikan kalau tingkat pH, tak sesuai dengan pH yang diperlukan tanaman maka perlu ditambah ataupun dikurangi keasaman dengan memekai kapur.
- Pembukaan Lahan
Pengolahan pada tanah dimulai dengan membajak tanah sedalam sekitar 30 cm dengan maksud agar memperoleh keadaan tanah gembur ataupun remah serta hama. Sesudah itu tanah didiamkan sekitar 2 -4 minggu supaya gas-gas beracun dapat menguap dan juga bibit penyakit serta hama bakal mati terkena cahaya matahari.
- Pembuatan Bedengan
Tanah diolah menjadi sebuah bedengan-bedengan yang ukuran tingginya sekitar 20-30cm, lebar sekitar 80-100cm, dan jika panjangnya maka disesuaikan dengan keadaan lahan.

5. Cara Penanaman

Tahap berikutnya adalah membuat lubang-lubang kecil ataupun alur sedalam kira-kira 3-7,5 cm guna menanam bibit lengkuas. Penanaman dikerjakan dengan meletakkan bibit rimpang dengan di rebah ke lubang tanam ataupun ke alur yang telah disediakan. Penanaman lebih baik dikerjakan di awal musim hujan kira-kira bulan September serta Oktober. Hal tersebut dikarenakan pada tanaman, akan gampang memerlukan air lumayan banyak guna perkembangan & pertumbuhannya.

6. Pemeliharaan & Perawatan

- Penyiangan
Penyiangan awal dikerjakan saat tanaman sedang berusia 2-4 minggu lalu dilanjutkan 3-6 minggu sekali saja. Tetapi, sesudah berusia 6-7 minggu, lebih baik tak perlu dikerjakan lagi, kareana rimpangnya mulai agak besar.
- Pembubunan
Tujuan dari pembubunan yakni guna menimbun rimpang yang terkadang ke atas tanah. Kalau tumbuhan masih keadaan muda, jadi tanahnya cukup cuma dicangkul tipis saja, pada sekeliling rumpun yang berjarak sekitar 30 cm.
- Pemupukan Organik
Pemberian pupuk kompos ataupun kandang organik tersebut dikerjakan di awal penanaman ketika pembuatan guludan guna pupuk dasar yaitu memerlukan sekitar 60-80 ton/ha yang disebar serta campurkan dengan sedikit tanah olahan.
- Pengairan & Penyiraman
Tanaman ini tak membutuhkan air yang begitu banyak guna pertumbuhannya, namun di awal masa tanam diusahakan kerjakan penyiraman.
- Penyemprotan Pestisida
Cara pemberian semprotan pestisida lebih baik dikerjakan mulai ketika penyimpanan bibit yang guna disemai serta pada ketika pemeliharan.

7. Panen & Pemasaran

Waktu aktifitas panen simplisis rimpang tanaman ini ditandai dengan selesainya masa vegetatif semisal daun menunjukkan gejala kelayuan. Pada kondisi ini rimpang sudah berukuran ideal serta usia pemanenan lengkuas lebih baik pada usia 2,5-4 bulan, sebab pada usia ini, umbi dalam kondisi baik serta digemari oleh para konsumen.

Pemanenan dikerjakan dengan cara membongkar bagian rimpang menggunakan garpu ataupun cangkul dengan hati-hati supaya tak terluka ataupun rusak. Tanah yang ada pada rimpang perlu dibersihkan dengan dipukul perlahan maka tanah akan terlepas.

Sesudah pemanenan lengkuas terlaksana, kemudian ialah mencuci rimpang lengkuas sampai bersih, selanjutnya siap guna dijual. Harga lengkuas amat beragam di pasaran serta dijual secara eceran ataupun per kilogram. Harga lengkuas, bisa juga bergantung pada letak dan wilayah pasar Anda serta berapa banyak lengkuas dijual dipasar tersebut.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budidaya Lengkuas Merah & Putih Ternyata Bisa Menghasilkan"

Posting Komentar