HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

5 Tahapan Terefektif Untuk Suksesnya Budidaya Ubi Ungu!

Ubi ungu yang dimasak seperti biasa, memang amatlah nikmat rasanya apalagi jika dilahap saat kondisi masih hangat. Banyak orang yang masih mengira jika ubi ungu ialah hanya makanan kampung saja. Namun sekarang ini, ubi ungu tidak cuma bisa diolah jadi panganan tradisional saja, namun pula dibikin jadi aneka makanan yang lumayan modern semisal puding ubi ungu, nasi ubi ungu, serta juga brownies ubi ungu.



Bagi Anda yang ingin membudidayakan ubi ungu ini, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah :

1) Pembenihan Bibit

Lebih baik dalam pemilihan bibit Anda pilih dengan varietas unggulan, hal ini berguna agar memperoleh hasil panen yang melimpah serta berkualitas baik. Pertama Anda ambil bibit dari ubi ungu yang telah berusiasekitar 2 bulan, ambil dengan cara memangkas batang tanaman sepanjang 15-25 cm serta yang memiliki 2 ruas.

Sesudah Anda peroleh bibitnya, selanjutnya ikat benih benih serta letakkan pada tempat yang lembab dan diamkan selama 5 hari. Sesudah 5 hari umumnya di bagian ruas batangnya bakal muncul akar maka bibit telah siap guna ditanam.

2) Pengolahan Lahan

Olah area lahan dengan cara dicangkuli atau dibajak lebih dulu hingga lahan jadi gembur. Selanjutnya buatlah bedengan dengan tinggi sekitar 30 cm, selebar 45-50 cm, jarak per bedengan sekitar 50 cm, guna panjang bedengan Anda bisa sesuaikan dengan keperluan.

3) Langkah Penanaman

Lahan dialiri air lebih dulu sampai bedengan nampak cukup basah. Kalau bedengan telah nampak basah kurangi air sampai 3per4 bagian, lalu kerjakan penanaman bibit. Umumnya cara penanamannya secara stek letakkan bibit sampai 1/3 bagian lalu berikan jarak antara bibit sekitar 25 cm tiap bibit.

Sebab bibit yang ditanam cukup muda, dianjurkan dalam keadaan tanah yang lumayan lembab agar sistem pengakaran lebih sempurna serta penyesuaian pada tanah lahan makin cepat.

4) Pemeliharaan & Perawatan

Kerajakan pembalikan daun tiap 3 minggu sekali. Ini berguna supaya akar ruas batang tak berkembang, serta cuma akar pokok saja yang bakal berkembang

BACA JUGA

Panen Melimpah, Ternyata Ini Panduan Praktis Budidaya Buah Naga Yang Benar
Tips Jitu Cara Budidaya Petai (Pete), Supaya Hasil Melimpah
Melirik Bisnis Menguntungkan, Budidaya Anggur Dalam Pot (Tabulampot)
Cara Budidaya Pisang Cavendish Yang Benar

Kerjakan pembubunan tanah saat tanaman telah berusia 1,5 bulan. Ini berguna supaya tanah berubah gembur jadi akar akan memiliki perkembangan yang baik.

Kerjakan pembasmian gulma jikalau rumput maupun gulma tanaman sudah tumbuh.

Kerjakan pengairan kalau tanaman sudah tumbuh, tanaman ini tak terlalu membutuhkan pengairan yang teratur. Kerjakan pengairan seperlunya saja, kalau tanah sedang dalam keadaan kering.

5) Pemanenan

Tanaman ubi ungu yang siap guna dipanen,umumnya disertai adanya tanda seperti adanya gundukan tanah pada bagian sekitaran umbi secara Fisiologi serta sudah nampak membesar. Ubi ungu umumnya dipanen saat telah berusia sekitar 3-3,5 bulan.

Guna pemanenannya Anda bisa mencangkuli dibagian tepi bedengan secara berhati-hati, agar tak terkena ubinya lalu taruh ubi itu ke keranjang supaya gampang guna pengangkutan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tahapan Terefektif Untuk Suksesnya Budidaya Ubi Ungu!"

Posting Komentar