HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Tepat Budidaya Buah Naga Dalam Pot



Buah Naga (Hylocereus Undatus) adalah jenis buah tropical yang populer di kawasan Asia Tenggara dan merupakan keluarga tanaman kaktus (Cactaceae). Selain menyegarkan dan rasanya yang enak buah naga banyak mengandung Vitamin C dan dapat menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan. Buah ini merupakan komiditi terbesar dari negara Vietnam yang merupakan negara penghasil terbesar Buah Naga di kawasan Asia Tenggara. Meskipun dikenal sebagai buah dari Asia, sebenarnya tanaman ini berasal dari Mexico, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di Indonesia, buah naga sendiri mulai populer sejak tahun 2000.

Bagi anda yang belum tau bagaimana cara budidaya buah naga dalam pot, jangan khawatir, karena kali ini kita akan membahas tentang "Cara Budidaya Buah Naga Dalam Pot". Bagaimana caranya?? Berikut Ini Caranya :

Menyiapkan Pot

Ada beberapa macam jenis pot yang tersedia di pasaran, mulai dari pot yang berbahan semen, plastik, tanah liat atau drum bekas. Untuk menanam buah naga agar cepat berbuah, maka kita akan menggunakan pot dari bahan tanah liat. Ini karena buah naga membutuhkan perubahan suhu yang signifikan dari siang ke malam untuk proses pembungaannya. Untuk ukuran potnya, semakin besar lebih baik, sebaiknya gunakan pot yang berdiameter minimal 40 cm.

Menyiapkan Tiang Panjatan

Langkah selanjutnya, menyiapkan tiang panjat. Karena buah naga membutuhkan tiang penyangga untuk menahan cabang-cabangnya agar tak roboh. Cari tiang panjatan yang kuat, bisa terbuat dari besi atau kayu yang kokoh. Tiang ini nanti akan dililit oleh beberapa pohon buah naga saat pertama menanam.

*Baca Juga : Budidaya Selada Di Pekarangan Rumah Ternyata Mudah Loh..

Menyiapkan Media Tanam

Langkah selanjutnya, siapkan media tanam untuk menanam buah naga yaitu :

- Pasir
- Tanah
- Pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 3:1:2:1

Setelah semuanya siap, anda dapat menyiramnya dengan air. Biarkan semalaman sebelum mulai menanam buah naga keesokan harinya.

Penanaman Bibit


Anda bisa memilih bibit buah naga dengan batang yang besar dan sudah tua. Pastikan bahwa bibit tersebut bebas dari penyakit. Anda bisa membeli bibit buah naga ini di pasar khusus jual beli tanaman. Untuk bibit yang ideal, biasanya berukuran 30 cm. Bibit ini di tanam ke dalam pot dengan kedalam ± 10 cm. Jika sudah menanam bibit buah naga tersebut, tekan-tekan tanah di sekitar bibit agar tidak roboh. Langkah selanjutnya, siram tanaman ini dengan rutin sehari sekali, dan letakkan pot tanaman buah naga di tempat terbuka agar terkena sinar matahari langsung.

Tips Agar Tunas Bisa Cepat Tumbuh

Agar tunas buah naga bisa tumbuh lebih cepat, maka dilakukan pemupukan. Sebaiknya menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik. Jika ingin menggunakan pupuk kemasan, gunakan pupuk dengan kandungan unsur N yang lebih tinggi dari P dan K. Untuk melakukan pemupukan agar cepat berbuah, lakukan saat tanaman buah naga sudah dewasa. Jika menggunakan pupuk kandang, gunakan kotoran kambing. Jika pupuk kemasan, gunakan pupuk yang terkandung unsur P lebih tinggi dari unsur N.

*Baca Juga : Cara Praktis Budidaya Buah Bit

Solusi Mengatasi Tanaman Buah Naga yang Gagal Berbuah

Terkadang, ada beberapa kondisi yang menyebabkan tanaman buah naga yang ditanam tidak berbuah. Berikut ini masalah yang sering terjadi serta cara mengatasinya :

- Tunas atau batang buah naga pertumbuhannya lambat.
- Saat berbuah selalu gagal karena busuk dan gugur.
- dll.


Bisa jadi, ini disebabkan karena tidak adanya penyerbukan bunga yang biasanya dilakukan lebah. Jika itu terjadi, maka lakukan penyerbukan secara manual dengan mengawinkan bunga buah naga tersebut. Agar bunga tidak berguguran atau busuk, bisa memberikan KNO3 ketika bakal bunga sudah mulai muncul. Maka dari itu, agar buah naga tumbuh sempurna, rawat & pelihara tanaman buah naga dengan baik dan benar.


Demikian pembahasan tentang "Cara Budidaya Buah Naga Dalam Pot" Terima kasih telah berkunjung.. Semoga bermanfaat.. Selamat mencoba..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Tepat Budidaya Buah Naga Dalam Pot"

Posting Komentar