HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips & Trik Jitu Budidaya Buah Duku, Supaya Tidak Malas Untuk Berbuah!

Duku ialah buah-buahan dari kelompok Meliaceae. Tumbuhan yang memiliki asal dari Asia Tenggara bagian barat ini mempunyai kesamaan dengan langsat, pisitan, kokosan, celoring serta lainnya dengan berbagai variasi tanamannya.

1. Pembibitan Duku
# Persyaratan Bibit Benih
Bibit yang bakal dipakai guna ditanam amatlah menentukan hasil produksi duku. Sebab itu, bibit benih duku perlu bisa memenuhi persyaratan penting sebagai berikut :

- Terhindar dari hama serta penyakit.
- Bibit memiliki sifat genjah
- Angka kesamaan fisik yang nampak seperti warna, bentuk, serta ukuran benih cukup seragam.
- Bibit dapat tumbuh serta berkembang dengan pesat.

# Persiapan Bibit Benih
Langkah ini bisa dikerjakan dengan memperbanyak jumlah benih memakai persemaian. Guna persemian benih pertamanya lambat, dengan menentukan benih yang intesnif diperlukan sekitar 10-18 bulan supaya batang dengan diameter sebesar pensil kemudian dapat di pindah lalu letakkan pada area tanam.
*Jangan lewatkan Melirik Bisnis Menguntungkan, Budidaya Anggur Dalam Pot (Tabulampot)

2. Penanaman Duku
# Pemilihan Pola Tanam
Duku biasanya di budidayakan di pekarangan, namun sering pula di tumpang sari pada bawah pohon kelapa ataupun di sarikan memakai tumbuhan lain semisal manggis serta durian. Jarak tanam sekitar 8 x 8 m ( 15 pohon / ha) hingga jarak sekitar 12 x 12 m (50-60 pohon/ha ).

# Lubang Tanam
Untuk pembuatan lubang tanam kira-kira 1 sampai 2 bulan sebelum penanaman bibit benih. Lubang ini perlu dibuat menggunakan ukuran yaitu 0,6 x 0,6 x 0,6 meter. Tetapi bakal bagus lagi jika ukurannya makin besar yakni 0,8 x 0,8 x 0,7 meter.

# Cara Penanaman
Proses ini lebih baik ditunggu hingga tanah galian dapat maupun terlihat turun dari atas permukaan tanah. Sebelum proses penanaman dikerjakan, sebaiknya gali lebih dulu memakai ukuran sekitar luas kantong plastik pembungkus bibit. Selanjutnya pembungkus dibuka serta tumbuhan diletakkan kedalam area lubang tanam. Selanjutnya kerjakan penyiram supaya kondisi tanah lembab dan basah.

3. Pemeliharan & Perawatan
# Penyulaman
Penyulaman ialah membersihkan bagian tanaman liar maupun gulma yang tumbuh disekeliling pohon duku.

# Penyiangan
Penyiangan ialah pembersihan rutin pada rerumputan serta tumbuhan kecil yang bisa mengakibatkan perkembangan duku terganggu.

# Pengairan & Penyiraman
Tanaman duku ini cuma membutuhkan sistem pengairan yang cukup/pas, paling utama ketika musim kemarau datang.

4. Pemanenan
Duku dapat berbunga dan juga berbuah ketika berusia 12 tahun atau lebih. Dan kalau untuk duku yang proses pembibitannya secara vegetatif misal cangkokan maupun sambungan bisa berbuah cukup cepat yaitu ketika berumur 8 tahun.
*Butuh plastik-plastik untuk pertanian/perkebunan?? Info harganya bisa Anda cek DISINI

Proses pemanenan dikerjakan menggunakan cara memanjat pohon serta memangkas pada tanda buah yang masak memakai pisau tajam maupun gunting pangkas. Lebih baik Anda waspada supaya batang tak terluka karena pembungaan selanjutnya bakal tumbuh di sekeliling tandan yang Anda pangkas/potong.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips & Trik Jitu Budidaya Buah Duku, Supaya Tidak Malas Untuk Berbuah!"

Posting Komentar