HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mengupas Cara Sederhana Budidaya Tanaman Gambas!

  Halo Sahabat tani, Salam Sejahtera. Kali ini kita akan mengupas cara budidaya gambas atau oyong dengan baik & benar. Gambas atau oyong (Luffa acutangula, suku labu-labuan atau Cucurbitaceae), adalah komoditi sayuran minor. Penanamannya biasanya dilakukan di pekarangan atau bagian ladang yang tidak digunakan untuk tanaman lain. Gambas dipanen buahnya ketika masih muda dan diolah sebagai sayur. Gak sabar mau tau caranya? Yuk Disimiak!

 1. Lakukan Pemilihan Bibit Gambas dari Oyong Yang Sudah Tua dan Kering di Pohonnya

Menyiapkan bibit gambas dilakukan dengan mengambil biji gambas atau oyong dari buah gambas yang tua di pohon, biarkan buah sampai mengering di pohon. Setelah itu petiklah, belah kulit buah gambas & ambil bijinya. Jemur biji diterik matahari selama 1hari lalu angkat, kemudian letakkan pada wadah dan tempatkan di area yang teduh.

Jika anda tidak mau repot, bibit gambas juga bisa dibeli di kios-kios pertanian. Lihat tanggal kadaluarsanya, pilih bibit yang memiliki tanggal kadaluarsa masih lama. Dan pastikan kemasan bibit masih utuh & tidak ada bolong sekecil apapun. Karena dikhawatirkan ada semut atau kutu yang memakan biji yang ada dalam kemasan.

Jangan Lupa Baca Juga : Cara Sederhana Budidaya Tanaman Cincau Dengan Baik & Benar

2. Menyiapkan Lahan Tanam Yang Gembur dan Subur Agar Oyong Mudah Tumbuh dan Berbuah
Persiapan lahan untuk menanam gambas dilakukan dengan tujuan agar tanah gembur dan mampu untuk memberikan nutrisi pada tanaman gambas.
Langkah yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pembajakan menggunakan traktor atau menggunakan bajak sapi.
Setelah dibajak, tanah digemburkan dengan menggunakan cangkul. Pada saat penggemburan ini dilakukan juga pembentukan tegalan.
Tegalan ini berfungsi untuk menjaga agar tanaman tomat tidak tergenang air dan juga berfungsi mengatur drainase air.
Ukuran tegalan dapat dibuat dengan lebar sekitar 80 - 100 cm, ketebalan 20 - 25 cm, serta panjang menyesuaikan ukuran lahan Anda.
Buatlah tegalan serupa disebelah tegalan pertama dengan jarak 40 cm.
Taburkan pupuk kandang secara merata pada permukaan tegalan.
Jika Anda memiliki modal lebih, Anda dapat melapisi tegalan dengan pelatik mulsa yang berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan rumput.

Sampai dengan langkah ini, Anda sudah melakukan persiapan yang baik untuk mendapatkan tanaman gambas atau oyong yang subur dan dapat berbuah banyak.

3. Menanam Biji Gambas Dengan Menggunakan Tugal

Tidak seperti jenis tanaman lainnya, untuk menanam gambas tidak perlu dilakukan penyemaian. Biji-biji oyong yang dijadikan bibit langsung ditanam ke lubang tanam buatan dengan menggunakan tugal (Kayu yang diruncingkan) atau bisa menggunakan cangkul.
Penanaman dilakukan dengan jarak 100 cm x 100cm. Jika Anda menggunakan mulsa, maka Anda harus membuat lubang terlebih dahulu.
Setelah penanaman dilakukan perlu disiram untuk menjaga agar tanah tetap lembab sehingga bibit tomat tidak layu.

Masukkan 2 buah biji gambas pada setiap lubang, kemudian timbun menggunakan tanah. Bibit Gambas atau oyong akan mengeluarkan tunas pada umur 5 hari setelah tanam.


4. Lakukan Perawatan Pada Tanaman Gambas/Oyong Dengan Benar Agar Menghasilkan Buah Yang Lebat

Cara merawat tanaman gambas dapat dilakukan dengan membersihkan rumput-rumput yang tumbuh di area penanaman, dan buatlah para-para sebagai rambatan pohon gambas jika sudah mulai menjulur. Ukuran antar tiang pancang 2m x 2m sesuai dengan jarak tanam dengan tinggi sekitar 200cm. Untuk anyaman para bagian atas dapat menggunakan kawat atau juga bisa menggunakan bambu.
para-para labu siam, menanam labu siam, manfaat labu siam bagi kesehatan

Jika tanaman gambas diserang kutu daun atau hama lainnya maka lakukan penyemprotan dengan menggunakan insektisida secukupnya sesuai takaran yang dianjurkan (baca aturan pakai pada kemasan). Jika anda tidak ingin menggunakan bahan kimia, belilah obat semprot organik yang dijual di kios-kios pertanian.
 
*Baca Juga : Budidaya Seledri Dengan Baik & Benar

5. Masa Panen Gambas / Oyong

 Masa panen gambas adalah pada umur 3 bulan setelah penanaman. Panen sebaiknya dilakukan pada pagi hari untuk mendapatkan buah gambas yang segar dan yang perlu diperhatikan bahwa buah gambas atau oyong yang enak adalah buah yang muda.

Jangan terlalu lama membiarkan buah gambas di pohonnya karena akan menyebabkan tidak enak dikonsumsi.

CV LIM CORPORATION menyediakan plastik mulsa hitam perak berkualitas, untuk info pemesanan hubungi kami di SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengupas Cara Sederhana Budidaya Tanaman Gambas!"

Posting Komentar