HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Menarik! Ternyata Begini Cara Mudah Menumbuhkan Pohon Kurma


Langkah pertama untuk menumbuhkan biji buah kurma adalah anda harus mempunyai Biji Kurma, anda dapat peroleh biji kurma dengan cara beli buah di toko atau import biji kurma unggul yang anda inginkan jenisnya

Sebelum mengawali menumbuhkan palem Phoenix dactylifera dari biji, mungkin sebaiknya langkah pertama yaitu memastikan jenis buah kurma.

Jenis kurma yang bisa anda pilih yaitu : Ajwa (kurma nabi) , Medjool, Zahidi, Deglet nour, Khalas, Khenaizi, Khadrawi serta masih banyak lagi jenis kurma yang lain. Tetapi di antara banyak jenis buah kurma hanya sebagian yang mempunyai nilai jual tinggi. Silahkan anda tentukan sendiri jenis kurma apa yang akan dibudidayakan.

*Baca Juga Artikel Menarik Yang Satu Ini : Ternyata Begini Budidaya Kentang Agar Hasil Melimpah !!

Beberapa langkah untuk menumbuhkan biji kurma diantaranya :

1 – Persiapan Tipe Biji
2 – Bersihkan beberapa bekas daging buah yang melekat
3 – Perendaman/Merendam
4 – Sistem Perkecambahan
5 – Perpindahan bibit

1.PERSIAPAN BIJI KURMA
Untuk menyiapkan biji kurma yang akan dibudidayakan, seperti uraian diatas anda bisa beli buah kurma di market atau mungkin dengan langkah import biji/benih kurma. sebaiknya tanamlah bibit kurma yang mempunyai nilai jual tinggi baik itu buahnya atau pohonnya seperti : Ajwa, Medjool, Zahidi, Deglet nour serta Khalas. Berdasar sebagian literatur di bebrapa komunitas kurma luar negeri, pohon palem kurma itu mempunyai harga jual buah serta pohon yang bagus.

2.MEMBERSIHKAN BIJI KURMA DARI SISA-SISA DAGING BUAH
Membersihkan biji kurma dari beberapa bekas daging buah sangat penting, langkah tersebut dilakukan untuk meperoleh persentasi persen daya kecambah yang tinggi. Sisa-sisa daging buah yang melekat pada biji bisa menyebabkan tumbuhnya jamur, atau bisa mengundang semut serta kutu putih untuk mengonsumsi dan mengakibatkan kerusakan biji sebelum berkecambah.

Membersihkan biji kurma deglet dengan cara merendamnya
Langkah paling baik untuk bersihkan biji kurma dari beberapa bekas daging buah yaitu dengan mencucinya memakai air serta pasir halus, sampai keadaan biji betul-betul bersih dari beberapa bekas daging buah.

3.PERENDAMAN/MERENDAM BIJI
Sesudah biji kurma dicuci bersih, langkah selanjutnya yaitu lakukan perendaman atau merendam biji memakai air bersih sampai 5 x 24 jam. Air untuk merendam biji kurma tiap 24 jam sekali harus diganti dengan air yang baru, untuk mempercepat sistem perkecambahan biji kurma pada hari ke 4 sebaiknya memakai kombinasi air serta ZPT (Zat Pengatur Tumbuh Organik) sesuai ukuran.

Rendam biji kurma Ajwa & Deglet ke air bersih
Untuk kurangi tingkat kegagalan dalam perkecambahan biji, baiknya jauhi memakai air yang bersumber dari PDAM, ini karena air yang di salurkan oleh PDAM ada kandungan zat kaporit serta kurang pas untuk sistem perkecambahan biji. Manfaatkanlah air sumur yg tidak tercemar atau yang paling baik memakai Air Mineral dalam paket.

*Jangan Lupa Baca Juga : Cara Membuat Area Bermain Anak Menggunakan Paranet!

 4.PROSES PERKECAMBAHAN BIJI
Pada step atau sistem perkecambahan bisa anda kerjakan dengan dua cara, yakni menyemai biji yang sudah melalui langkah perendaman 5 hari terlebih dulu, dapat segera disemai pada pot memakai kombinasi cocopeat serta pasir yang di tutup tidak tebal memakai cocopeat. Atau biji ditumbuhkan/dikritikbahkan terlebih dulu akarnya memakai wadah/tupperware yang dilapis tissue basah di bagian dasarnya lalu tutup rapat serta taruh pada tempat gelap.

Biji kurma semai di pot dengan cocopeat
Sistem perkecambahan memakai tissue basah ini umumnya memerlukan saat 2-4 minggu, sesudah tumbuh dengan kepanjangan akar 5-10 cm baru di geser ke media tanaman, baik itu memakai pot atau polybag.

5.MEDIA TANAM UNTUK BIBIT KURMA
Kombinasi media tanam untuk bibit kurma baiknya memakai beberapa bahan yang mempunyai porositas bagus, berarti media untuk menanam bibit kurma saat disiram jadi air segera turun keseluruhnya. Kombinasi media tanam memakai Pasir, Kompos (bokashi), cocopeat serta arang sekam padi, tetapi kombinasi itu tidak baku, anda bisa memakai beberapa bahan lain yang mempunyai porositas paling baik. Sebagai perbandingan kombinasi media tanam yaitu 2 : 1 : 1 (pasir 2, Kompos 1 serta arang sekam 1).

menumbuhkan Bibit kurma Khalas 1 daun
Kombinasi media tanam yang bagus adalah aspek utama untuk memenuhi semua keperluan unsur hara untuk tanaman supaya mempercepat perkembangan kurma jadi bongsor. karena rata-rata tipe palem kurma mempunyai daya kecepatan tumbuh yaitu tengah sampai begitu lambat bila kecukupan semua tipe unsur hara serta aspek pengairan kurang.
Selamat Mencoba 😊 Semoga Berhasil!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menarik! Ternyata Begini Cara Mudah Menumbuhkan Pohon Kurma "

Posting Komentar