HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mau Budidaya Nangka Anda Berbuah Manis? Ikuti Tahapan Dibawah!

Nangka ialah mana sebutan sejenis pohon serta pula nama buahnya. Pohon nangka tergolong ke dalam suku Moraceae. Buah nangka memiliki rasa yang manis serta berwarna kuning, dan umumnya pada pohonya memiliki batang/ranting pohon yang menjulang tinggi.

Nah, berikut ialah panduan penting saat budidaya buah angka supaya mampu berbuah lebat dan manis :

1. Proses Penentuan Bibit
Bibit nangka harus berasal dari varietas unggulan yang mempunyai mutu dan kualitas terbaik. Bibit wajib sehat, dan batangnya harus kuat, lurus serta posisi tegak, memiliki banyak cabang dan daun pada bagian atas mempunyai warna hijau segar dan mengkilap. Langkah penentuan bibit baiknya memilih bibit yang berasal dari hasi okulasi, cangkok, serta stek. Sebab bibit buah nangka sejenis ini mempunyai keutamaan yang dapat berbuah dengan pesat.

*Jangan lewatkan artikel berikut Budidaya Kedelai Hitam, Bisa Jadi Tambahan Rupiah Anda! Mau Coba?

2. Proses Pengolahan Media Tanam
Faktor/aspek yang mempengaruhi perkembangan nangka seperti misal gulma, genangan air, struktur dan juga pola tekstur tanah wajib dikendalikan. Aspek yang wajib diperhatikan saat menyiapkan media tanam yakni :
- Tahap Pembentukan Bendengan
- Tahap Pengapuran
- Tahap Pemupukan

3. Proses Penanaman
Proses menanam tumbuhan nangka ini, dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
– Langkah Penanaman
Proses menanam dikerjakan pada sore atau pagi hari pada awal musim penghujan yakni ketika hujan telah lumayan rata. Bibit harus ditanam pada lubang yang telah disiapkan.
– Langkah Pembuatan Lubang pada Mulsa
Pemakaian mulsa pada pohon nangka amatlah diperlukan, paling utama ketika musim kemarau guna meninggikan kadar kelembapan tanah. Tetapi saat musim hujan mulsa tak dibutuhkan sebab bisa mengakibatkan terserangnya jamur.

4. Pemeliharaan & Perawatan Tanaman
– Penjarangan & Penyulaman
Proses penyulaman tumbuhan yang layu dan mati dikerjakan ketika hujan turun pada tahun pertama & kedua.
– Penyiangan
Penyiangan tanaman dari ancaman gulma serta tumbuhan pengganggu dikerjakan menggunakan cara menghilangkan dan membasmi gulma secara manual dari tanaman nangka menggunakan radius 1-2 m. Penanaganan gulma secara kimiawi memakai herbisida.
– Pemupukan
Berikan pupuk organik yakni pupuk kandang ataupun pupuk kompos sekitar 1-2 kali setahun dengan banyak kira-kira 20 kg per tanaman. Pupuk anorganik diberikan serta dikerjakan 1 minggu sesudah proses penanaman menggunakan dosis sekitar 100 gram NPK tiap tanaman.
– Pengairan & Penyiraman
Pohon nangka ini memerlukan drainase (saluran air) yg cukup baik. Proses ini dibutuhkan guna mengangkat tinggi produksi. Nangka mempunyai perakaran dalam, tak memerlukan penggenangan ketika musim kemarau sebab nangka agak kurang toleran pada genangan. Akarnya bisa menyerap air di tanah yang cukup dalam.

*Info harga terlengkap tentang Polybag Bisa Anda simak DISINI

5. Pemanenan Nangka
Proses Pemanenan dikerjakan kalau buah telah matang yang ditandai adanya bau harum yang muncul serta ukuran duri pada kulit nangka telah membesar.

Matangnya buah dapat diketahui lewat ciri-ciri berikut:

- Jika buah dipukul dengan benda apapun bakal berbunyi nyaring.
- Warna kulit buahnya berubah dari hijau ke kuning kehijauan ataupun kecoklatan.
- Mengeluarkan aroma yang khas atau bau yang harum.
- Durinya sedikit lunak dan jarak antar duri makin lebar
- Tekstur Kulit buah tampak terlihat seperti pecah.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mau Budidaya Nangka Anda Berbuah Manis? Ikuti Tahapan Dibawah!"

Posting Komentar