HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Inilah Langkah Jitu Dalam Budidaya Lada!!

   Haloo Salam sejahtera sobat petani😊.. kali ini kita akan menguak misteri budidaya lada. Lada adalah salah satu bumbu dapur dalam masakan dan masuk kedalam biji-bijian. Lada yang berbentuk bulat kecil ini memiliki rasa yang pedas, pahit, dan juga hangat. Lada yang sering digunakan untuk memasak adalah lada yang berwarna putih. Gak usah buang-buang waktu lagi deh ya,, yuk kita simak cara budidayanya 

 Cara penanaman merica cukup sederhana yaitu seperti Pembibitan, Pemeliharaan/Perawatan, Pengendalian hama, hingga panen.
 
1.Pembibitan

Dalam pembibitan merica yaitu menggunakan stek cabang batang skunder dan primer atau menggunakan stek yang menyertakan sulur panjang (cabang primer). Untuk pembibitan dan penyemaian bisa menggunakan polybag yang di isi dengan pasir, pupuk (tricokompas), tanah dan menggunakan perbandingan 1 : 3 : 7. Kemudian setelah polybag sudah ter isi media tanam tadi anda bisa menanam bibit merica lalu gunakan plastik untuk menutupi agar tanaman merica tidak terkena hujan, kita bisa menggunakan plastik agar sinar matahari dapat masuk 70%. Untuk melindungi bibit merica agar tidak rusak karena hama/hewan kita dapat memberikan jaring di sekelilingnya selama proses pembibitan berlangsung sekitar -+ 4bulan sampai akar tumbuh dengan baik dan sudah layak untuk di pindah. Untuk merangsang pertumbuhan akar, dapat di berikan pupuk organik pada saat persemaian berlangsung.
pembibitan-merica

*Jangan Lupa Baca Juga : Cara Tepat Budidaya California Yang Menguntungkan !!!

2.Penanaman

Untuk penanaman merica bisa dilakukan di perkarangan/tanah yang kosong, atau jika anda tidak memiliki pekarangan penanaman bisa juga menggunakan pot (dalam sekala kecil). Setelah penyemaian berhasil bibit bisa di pindahkan ke media yang lebih besar atau polybag dengan ukran 40 x 60 cm. Untuk meningkatkan kesuburan tanah di dalam polybag, dapat di berikan pupuk kandang sebanyak ukuran polybag, 5-10kg trichokompas, 500 gram kapur, dan 100 gram trichoderma.

Bibit di tanam setelah 2 atau 3 minggu setelah di berikan pupuk dasar, supaya tanaman merica lebih optimal, bisa lakukan pemupukan secara teratur menggunakan pupuk kandang sebanyak 5kg pertahun. Dengan komposisi pupuk trichokompas 2 kg tahun pertama, lalu di tambah menjadi 3 kg untuk tahun selanjutnya, saat pemberian pupuk dapat di berikan selama empat kali dalam satu tahun.
penanaman-merica

3.Perawatan & Pemeliharaan

Untuk menjaga agar bibit merica terjaga saat proses perkembangan atau pertumbuhan tanaman dapat di lakukan pemeliharaan yang rutin, pemeliharaan dan perawatan yang dilakukan meliputi perlindungan dan pencegahan tumbuhnya jamur pada tanaman, pengendalian penyakit dan hama.

Cabang/batang merica sangat rentan terserang jamur karena bentuknya yang rimbun, biasanya tingkat kelembabaan pada tanaman menjadi cukup tinggi. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat di buatkan para-para di sekitar tanaman/cabang tanaman.

 #Baca Juga : Langkah Tepat Budidaya Jagung

Biopestisida dan agensi hayati dapat di gunakan untuk pencegahan atau pengendalian terhadap hama dan penyakit,  biopestisida yang dapat di gunakan yaitu seperti tepung cengkeh, extra biji bengkoang dan extra akar tuba.

Untuk pengendaliannya dapat di lakukan menggunakan agensi hayati yaitu seperti Bacteri pasteuria penetrans, Jamur beuveria bassiana, dan jamur trichoderma.
panen-merica

4.Panen

Pemanenan merica atau lada di lakukan pada usia tanaman sekitar satu tahun/12 bulan setelah penanaman di lakukan. Agar mendapatkan hasil yang lebih baik pada saat tanaman mulai berbunga & berbuah pertama kalinya lebih baik bunga & buah tersebut di petik dahulu agar pertumbuhan selanjutnya lebih maksimal dalam segi pembuahannya.

Selamat Mencoba semoga berhasil.. jangan lupa untuk selalu mengunjungi website kami karena akan ada artikel menarik lainnya..
 
LIM CORPORATION
PABRIK PARANET/SHADINGNET
Paranet biasanya digunakan untuk atap pada green house, misalnya pada budidaya tanaman sayur, tanaman hias, dan bunga. Bisa juga dipakai untuk peneduh kolam ikan, dll. 
Ready stock paranet daya serap 50% dan 65% ukuran 3x100 meter bahan plastik.
Hub. 08123.258.4950 - 0877.0282.1277 - 0852.3392.5564. 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Langkah Jitu Dalam Budidaya Lada!!"

Posting Komentar