HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Sederhana Budidaya Tanaman Cincau Dengan Baik & Benar

  Apa yang ada dipikiran anda ketika mendengar kata cincau ? Hampir semua orang pasti akan menjawab minuman segar yang memiliki rasa manis dan gurih serta adem di tenggorokan. Tahukah anda bagaimana rupa tanaman yang menghasilkan bahan minuman yang sangat adem ditenggorokan tersebut ? Artikel ini akan membahas semua hal yang berkaitan dengan cincau baik dari perbanyakan tanaman, cara merawat tanaman cincau sampai bagaimana cara memanen tanaman yang satu ini.

Pertama kita akan mengetahui ciri – ciri tanaman cincau. Ciri – ciri tanaman cincau yaitu:

1.
Tanaman cincau merupakan jenis tanaman yang tumbuh merambat yang dapat hidup dimana saja.
2. Sekilas tanaman ini mungkin akan lebih terlihat seperti tanaman sirih, dengan bentuk daun yang hampir mirip.
3. Memiliki biji.

*Jangan Lupa Baca Juga : Budidaya Seledri Dengan Baik & Benar

Berikut ini merupakan langkah – langkah untuk membudidayakan tanaman cincau :

1. Fase Pembibitan

Dalam fase pembibitan bisa di lakukan dengan 3 cara yaitu dengan menggunakan biji, melalui stek dan dengan cara merunduk.

• Pembibitan Dengan Menggunakan Biji
Biji yang akan digunakan untuk pembibitan haruslah biji yang sudah matang. Yakni memiliki ciri – ciri berwarna merah atau hitam, selanjutnya biji yang akan digunakan harus dikeringkan sampai kadar airnya mulai menurun. Siapkan media untuk menanam kemudian tebar biji tanaman cincau di atas media tanam (polybag). Sebaiknya gunakan tanah yang telah dicampur dengan menggunakan pupuk kandang serta memiliki kelembaban yang cukup. Setelah 7 minggu bibit sudah siap tanam di kebun

• Menggunakan Metode Stek
Pilih batang yang sudah agak tua, lalu potong melintang dengan menggunakan pisau yang tajam. Rendam batang yang akan digunakan selama 1 minggu dalam air sampai keluar bulu – bulu akar. Lalu siapkan polybag yang berisi tanah yang telah diisi dengan tanah yang subur dan memiliki kelembaban yang cukup, buat lubang bagian tengahnya untuk menaruh batang, lalu masukkan batang sedalam 10 cm dan letakkan di tempat teduh. Setelah beberapa hari, stek siap ditanam di kebun

• Pembibitan Dengan Cara Merunduk
Pilih bagian cabang mana yang akan digunakan untuk bibit, yaitu bisa dengan merundukkan bagian cabang yang telah berbulu ke polybag yang telah disediakan. Setelah 4 – 5 bulan tanaman bisa ditanam di kebun yang sebenarnya.

2. Perawatan

Untuk merawat tanaman ini tidaklah sulit, anda hanya perlu menambahkan pagar untuk tempat merambat batang daun cincau ini jika pagar atau tempat merambat sudah terlihat tidak bisa menampung batang pohon cincau lagi. Untuk kecukupan air, anda hanya perlu menyiramnya sehari sekali saja.

Baca Juga :  Cara Jitu Budidaya Tanaman Duku

3  Panen

Jika umur tanaman cincau sudah mencapai 6 bulan anda bisa memanen bagian daun, karena yang digunakan untuk membuat cincau adalah bagian daun maka yang akan diambil hanyalah bagian daunnya saja. Untuk panen sendiri anda bisa melakukannya secara bertahap misal 2 minggu sekali.

Tanaman cincau ini bukanlah tanaman yang hanya akan bertahan selama beberapa tahunan saja melainkan bisa bertahan sampai puluhan tahun. Jadi ketika anda telah memiliki kebun berisi tanaman cincau maka anda bisa memanennya setelah 6 bulan pertama dan memanennya lagi setiap minggunya. Cukup mudah bukan ? tanaman cincau ini banyak di cari selain untuk membuat cincau juga banyak di cari untuk mengobati jenis tanaman tertentu misalnya radang lambung. Semakin hari tanaman ini menjadi sangat jarang ditemui maka akan sangat bermanfaat jika anda mau untuk membudidayakan tanaman cincau ini karena bisa menjadi peluang bisnis yang lumayan besar
 Demikian Artikel Tentang Budidaya Tanaman Cincau. Selamat Mencoba & Semoga Berhasil 😊
CV LIM CORPORATION menyediakan plastik mulsa hitam perak berkualitas, untuk info pemesanan hubungi kami di SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Sederhana Budidaya Tanaman Cincau Dengan Baik & Benar"

Posting Komentar