HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Budidaya Kedelai Hitam, Bisa Jadi Tambahan Rupiah Anda! Mau Coba?

Kedelai hitam ialah salah satu keluarga dari kedelai (Glycine max (L) Merrit). Kedelai jenis ini secara botani serta nutrisi mempunyai banyak persamaan dengan kedelai kuning, tetapi warnanya yang hitam membuat kedelai ini mempunyai penggunaan manfaat yang lebih rinci. Kecap, tempe, tauco, susu kedelai, tahu, serta lainnya merupakan beberapa contoh aneka olahan yang bisa diolah dari kedelai hitam, tetapi yang sering yaitu kecap. Di negara Jepang, kedelai hitam dikenal dengan nama koramame atau juga kuromame.

Melirik masih belum banyaknya petani kedelai hitam yang mengembangbiakkan kedelai hitam inii, jadi peluang membuat usaha sampingan ialah pilihan yang tepat. Oeh sebab itu, jika Anda mau mengawali usaha kedelai hitam ini, berikut ialah panduan secara lengkapnya :

*Baca juga Panduan Budidaya & Menanam Buah Apel di Pot Dari Biji

Proses Pengolahan Tanah
Pertama alihkan gulma serta rumput liar yang ada di area tanam. Tabur atau sebar pupuk kandang/kompos 1 kwinta per hektar, biarkan selama 1 minggu. Setelah itu tanah dibajak, lalu digaru, serta diratakan (padat secara mesin atau manual). Bikin saluran drainase menggunakan jarak kira-kira 3-4 meter yang bertujuan guna mencegah genangan air yang kebanyakan pada area tanam. Genangan/cembungan air bisa mengakibantkan tanaman membusuk lalu mati. Sesudah itu biarkan tanah sekitar 3 minggu, selanjutnya baru tanami kedelai hitam.

Proses Penanaman
Langkah awal belilah benih kedelai hitam dari pedagang bibit kedelai hitam dengan mutu tinggi. sesudahnya rendam benih pada air sekitar 0,5 jam serta dicampur Legin (Rhizobium) atau jika mau ditanam pada tanah yang masih awal ditanami kedelai hitam sebelumnya. Mengatur jarak tanam antara lubang tanam berukuran sekitar 25 x 25 cm. Lubang tanam di buat sedalam 5 cm. Letakkan sekitar 2-3 biji per lubang tanam. Tutup lubang menggunakan tanah gembur, jangan dipadatkan supaya kecambah dapat menembus tutupan tanah. Usahakan masa tanam dikerjakan di akhir musim hujan supaya tanaman dapat tumbuh secara baik.

Proses Perawatan
Kerjakan penyulaman pada benih yang tak tampak pada umur sekitar 5-6 hari. Seharusnya penyulaman dikerjakan ketika panas matahari tak terlalu terik yaitu sore hari. Sesudahnya kerjakan penyiangan pada umur sekitar 2-3 minggu serta pada ketika tanaman sudah berbunga, kira-kira 6 minggu sesudah tanam. Peninggian bedengan pula wajib dikerjakan supaya sistem perakaran dapat tumbuh baik serta dapat menyerap nutrisi dari pemupukan dengan cara maksimal. Pemupukan sendiri dikerjakan ketika 2 minggu sesudah tanam dengan dosis Urea:SP-36:KCl = 50:40:20, selanjutnya pemupukan lanjutan pada 6 minggu sesudah tanam dengan dosis Urea:SP-36:KCl = 30:20:40. Kerjakan pengairan mulai dari benih ditanam hingga pada tahap pengisian polong. Pengairan diberi secukupnya dahulu, jangan agak becek atau sampai menggenang. Jangan mengerjakan pengairan pada ketika menjelang panen, diamkan tanah pada keadaan kering. Lihat perkembangan tanaman serta jaga supaya terhindar dari hama serta penyakit. Apabila terlanjur terserang hama penyakit, kasih pestisida serta obat sesuai dengan aturan serta dosis yang tepat.

*Tak kala menarik berikut Tips Budidaya Kacang Tanah Secara Mudah, Namun Hasil Melimpah Ruah!

Proses Pemanenan
Pemanenan bisa dapat dikerjakan sesudah daun terlihat telah menguning trus gugur, buah akan menjadi kuning kecoklatan serta retak-retak/polong telah tampak tua dengan batang berwarna kuning agak coklat serta gundul. Kedelai hitam konsumsi dapat di panen sesudah 75-100 hari serta kedelai hitam benih didiamkan hingga umur 100-110 hari. Potong tangkainya selanjutnya jemur hingga kering, polong bakal merekah sendirinya. Simpan biji kedelai hitam yang telah kering serta taruh di lahan kering.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budidaya Kedelai Hitam, Bisa Jadi Tambahan Rupiah Anda! Mau Coba?"

Posting Komentar