HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

4 Langkah Tepat Dalam Budidaya Durian!


 Cara Budidaya Tanaman Durian
 Durian Merupakan tanaman musiman yang dapat berbuah pada musim tertentu. Tanaman ini sudah menyebar ke Asia Tenggara pada tahun 600 tahun lalu melalui biji durian. Tanaman ini hingga saat ini masih sangatlah populer karena memiliki rasa yang nikmat untuk dikonsumsi.
Dalam melakukan penanaman durian atau budidaya durian ini harus memperhatikan lahan atau kebun sebelum penanaman berlangsung. Hal itu untuk menghindari produktivitas tanaman durian. Jika para petani pemula yang ingin membudidayakan tanaman durian ini dengan hasil yang maksimal. Perhatikan panduan budidaya tanaman durian dibawah ini.

1.Syarat Pertumbuhan

    Tumbuh optimala pada ketinggian 50 – 800 m Dpl
    Intensitas cahaya 40 – 50 %
    Suhu Optimal 22 – 30 C
    Curah hujan 1.500 – 2.500 mm Pertahun
    Tanah yang bagus lempung, berasir subur dan banyak mengandung bahan organik
    Harus memiliki pH 6 – 7

*Baca Juga : Menarik Trik Menguntungkan Budidaya Sawi Daging !!

2.Pembibitan Durian

    Pemilihan bibit yang subur
    Bibit sehat , daun banyak , batang kokoh dan bebas ham dan penyakit
    Percabangan 2 – 4 arah
    Dan memiliki tunas baru

3.Persiapan Lahan

Persiapan lahan sebaiknya pada musim kemarau agar tidak terjadi penghambat & pengendapan hama. Dengan cara membersihkan alang-alang & gulma lainnya serta membersihkan tanaman keras yang mengganggu pertumbuhan tanaman durian & mengahambat masuknya cahaya matahari lahan sebaiknya miring & buatlah juga saluran pembuangan air .

A. Jarak Tanam
Jarak tanam pada tanaman buah durian antara 8 x 12 atau 10 x 10m

B. Tanaman pelindung

Dengan luas nya tanaman & di tempat yang sangat terbuka di perlukan juga tanaman pelindung seperti pepeya, lamtoro, turi,gamal, dan segon. Sebaiknya di tanam sesudah penyaiapan lahan

C. Lubang Tanam

Buatlah lubang tanaman berukuran 50 cm . Kemudian pisahkan tanah bagian atas dengan bagian bawah lalu diamkan selama 2 minggu . Kemudian tanah bagian atas di campur dengan pupuk kandang matang 20 kg & pupuk lainnya.  Lakukan pencampuran sampai merata kemudian masukan kedalam lubang tanaman & biarkan sampai 1 minggu sebelum bibit di tanam kedalam media tanam.

4.Penanaman Tanaman

Penanaman yang paling ideal & efekif adalah awal musim hujan . dengan cara melakukan penggalian lubang tanam yang berisi campuran media yang tadi lalu tanam sesuai dengan bibit. Kemudaian ambil bibit dan buka dari plastik pembungkus tanah secara hati- hatai. tanaman bibit tersebut sebatas leher akar tanapa mengikut kan batang nya. Kemudian lakukan penyiraman secukupnya setelah penanaman dilakukan.
Pemeliharaan Tanaman
*Jangan Lupa Baca Juga : Rahasia Budidaya Apel Dengan Mudah

A. Pengairan

Pengairan dilakukan sejal awalnya pertumbuhan sampai tanaman membuah dan memproduksi. Pada terjadinya pembuangaan sebaiknya pengurangan penyiraman di lakukan. Sebaiknya penyiraman di lakukan pada pagi & sore hari .

B. Pemangkasan



Pemangkasan pada tunas air, cabang atau ranting yang sudah mati dan sudah terserang hama penyakit. Serta ranting – ranting yang tidak terkena sinar matahari. Dan jika sudah mencapai ketinggian 4 -5 cm sebaiknya pucuk daun di lakukan penunasan .

C. Pemupukan


 Pemupukan sejak awal pertumbuhan sampai tahun ke -3 dengan pupuk NPK yang kadar N nya Sangat tinggi. Waktu pemupukan pupuk kandang sekali setahun pada akhir musim hujan atau awal musim kemarau. Sedangkan Pupuk Makro sesuai dengan umur tanaman. Dengan cara menaburkan & memutarkan sesuai dengan lebar pendeknya tajuk tanaman. hal ini juga bisa dilakukan dengan penyemprotan.

D.Pemanenan

Waktu pemanenan berbeda tergantung jenis varietes, jenis monthong sekitar 125 – 135 hari setelah berbunga, Jenis cahane sekitar 110 – 116 hari setelah bunga mekar. Buah durian mengalami tingkat kematangan sempurna saat 4 bulan setelah mekar. pemanenan di lakukan dengan cara pemetikan pada bagian batang, atau menunggu hingga buah berjatuhan ke tanah.

Selamat Mencoba😊Semoga Berhasil!!
CV LIM CORPORATION menyediakan plastik mulsa hitam perak berkualitas, untuk info pemesanan hubungi kami di SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Langkah Tepat Dalam Budidaya Durian!"

Posting Komentar