HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips Lengkap Untuk Hasil Maksimal Pada Budidaya Buah Kesemek

Kesemek ialah nama semacam buah-buahan asal marga Diospyros. Tanaman ini dikenal juga dengan nama panggilan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris diberi nama Oriental (Chinese/Japanese) persimmon. Nama ilmiahnya ialah Diospyros kaki, (Kaki dalam bahasa Jepang, yaitu nama zat tanin yang dihasilkan buah ini).

Pohon buah kesemek dapat berkembang dengan ketinggian sampai mencapai 15 m. Batangnya berukuran lumayan pendek serta bertekstur bengkok-bengkok. Daun buah kesemek berwarna hijau kuning mengkilap, berbentuk bundar telur, serta berukuran kira-kira 5 x 25 cm. Pada musim tertentu, pohon kesemek bakal menggugurkan daunnya.

Untuk dapat menanam pohon kesemek, Anda bisa mengikuti cara berikut ini :

Tahap 1 : Mempersiapkan Bibit

Tanaman kesemek dapat dikembangbiakkan lewwat biji, okulasi, cangkok, serta pemisahan akar. Dari ketiga cara tersebut, bibit yang berasal dari okulasi bakal lebih cepat menghasilkan buah. Caranya adalah persiapkan cabang pohon kesemek yang telah berbuah untuk bagian atas, dan juga siapkan batang kesemek hasil dari biji untuk bagian bawah. Lalu sambung kedua bagian tanaman ini agar menyatu. Rawat dengan cara menyiramnya secara teratur. Sesudah bibit tersebut berumur berkisar 1-2 minggu, Anda dapat memindahkannya ke tempat penanaman.

*Baca juga Cara Praktis Budidaya Jagung Manis, Yang Jarang Diketahui Orang!

Tahap 2 : Langkah Penanaman

Pohon buah kesemek seharusnya ditanam langsung di tanah, tidak menggunakan media tanam pot atau polybag. Awali langkah penanaman dengan menyiapkan lubang tanam sebelumnya yang mempunyai ukuran 50 x 50 x 50 cm. Masukkan pupuk kandang ke dalam lubang ini sampai memenuhi 2/3 dari semua total volumenya. Diamkan lubang tanam ini kira-kira 2-3 minggu supaya keadaannya normal kembali.

Tahap 3 : Penanaman Bibit

Bibit kesemek yang telah jadi dapat ditanamkan ke dalam lubang tanam. Waktu penanaman yang ideal ialah pagi atau sore hari saat awal musim penghujan. Pisahkan bibit dari polybag, selanjutnya pindahkan ke lubang penanaman secara hati-hati. Perhatikan jangan sampai sistem perakarannya rusak. Tutup pada bagian bawah bibit ini memakai tanah di sekelilingnya. Selanjutnya siram secukupnya guna meningkatkan kelembaban udara jadi bibit dapat beradaptasi dengan baik.

Tahap 4 : Pemeliharaan Tanaman

Pemeliharaan tanaman mencangkup pembersihan lahan dari gulma yang berada di sekeliling pohon kesemek. Kerjakan pemupukan susulan sekitar 2-3 bulan sekali dengan memanfaatkan pupuk kandang. Lakukan juga pengendalian pada hama serta penyakit sesuai gejala-gejala yang timbul. Dianjurkan untuk memangkas tanaman secara berkala guna merangsang pertumbuhannya, termasuk juga membentuk bakal buah.

#Polybag berbagi ukuran untuk pembibitan segala jenis tanaman silahkan hubungi 087702821277 / 081232584950 / 085233925564

Tahap 5 : Pemanenan Buah

Buah kesemek yang sudah matang cukup gampang dikenali. Beberapa ciri yang timbul di antaranya warna kulitnya berubah dari hijau pucat menjadi kuning jingga atau kuning kemerahan, diameternya membesar sampai 5-8 cm, serta mempunyai aroma yang tajam. Langkah pemanenannya ialah memotong tangkai buahnya menggunakan pisau yang dipasangkan pada bambu (egrek).

Sumber :
http://blog.tokotanaman.com/cara-menanam-pohon-kesemek-yang-benar/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kesemek

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Lengkap Untuk Hasil Maksimal Pada Budidaya Buah Kesemek"

Posting Komentar