HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips Jitu Cara Budidaya Petai (Pete), Supaya Hasil Melimpah


Petai (pete) ialah pohon tahunan tropika yang berasal dari keluarga polong-polongan. Tanaman ini menyebar di Nusantara bagian barat dengan luas. Bijinya pun disebut dengan "petai" pula, dikonsumsi saat muda, baik ketika segar atau direbus

Petai begitu digemari banyak masyarakat walaupun mempunyai aroma yang amat khas ketika dicium. Karena itu, banyak masyarakat yang gemar membudidayakan petai guna dijadikan bisnis sampingan mereka. Nah, inilah beberapa tahapan lengkap mengenai Budidaya Petai :

(1). Persiapan Bibit
Bibit petai bisa didapat lewat langkah okulasi serta pula memakai biji. Tetapi yang cukup banyak dipakai yakni lewat langkah okulasi, sebab langkah ini, tanaman petai bakal berbuah dengan amat pesat. Inilah beberapa tips memperoleh bibit petai :

- Persiapkan batang bagian bawah hasil semai biji maupun berasal dari petai yang tumbuh secara liar
- Lalu masukkan ke dalam polybag/pot plastik semai
- Cari tunas yang berasal dari tanaman petai yang sudah berbuah tanamannya
- Iris batang hasil persemaian menggunakan ukuran yang ditentukan
- Kulit tunas dari tanaman uatama petai diiris pula menggunakan ukuran yang selaras
- Pasangkan irisan tunas dengan hasul semaian di bawah kemudian ikat menggunakan tali
- Bibit petai yang memiliki umur berkisar 6 bulan bisa di tanamkan pada area tanam. Kalau Anda tak pingin ribet, Anda bisa memperoleh bibit di toko-toko tanaman.

# Baca juga Cara Jitu Budidaya Jagung Manis

(2). Persiapan Area Tanam
Area yang bakal dipilih jadi lahan budidaya petai, harus dikelola lebih dulu serta area tersebut mempunyai tekstur tanah yang gembur serta ada di ketinggian kira-kira 10 hingga 80 mdpl.

Bersihkan area dari hama gulma ataupun tanaman penggecoh lain. Selepas itu bajak tanah menggunakan cara dicangkul pada tanahnya. Kalau tanah pada area mempunyai pH yang tak cocok jadi kerjakan cara pengapuran. Lalu buat lubang tanam menggunakan ukuran kira-kira 40 cm x 40 cm x 40 cm. Sesudah lubang selesai, kerjakan langkah pemupukan dasar memakai pupuk kandang.

(3). Penanaman Tanaman
Selepas seluruhnya ready, percepat pengerjaan penanaman. Lepas polybag secara hati-hati, cegah rusaknya media pada penyemaian. Lalu masukkan bibit ke lubang tanam yang sudah disediakan. Selanjutnya kubur lagi pakai media hasil lubang tanam yang telah digali, jangan menutup bagian bekas okulasi sebab bisa mengakibatkan munculnya jamur. Kalau sudah selesai, lalu kerjakan langkah penyiraman.

# Jangan lewatkan Cara Budidaya Pisang Cavendish Yang Benar

(4). Perawatan Tanaman
- Langkah Pemupukan
Selepas tanaman memiliki umur berkisar 4 bulan, kerjakan langkah pemupukan memakai pupuk kandang ataupun pupuk kompos. Pengaplikasian pupuk dikerjakan memakai cara membuat lubang pada sekeliling tanaman petai, kalau pupuk telah disebarkan atau ditabur, tutup lagi mengguanakan tanah hasil galian.
- Langkah Penyiangan
Supaya tanaman berkembang secara baik, kerjakan langkah penyiangan pada hama gulma atau juga tanaman lain yang ada disekeliling tanaman supaya nutrisi yang diperlukan tanaman tak rebutan dengan hama gulma tersebut.

(5). Pemanenan Tanaman Petai
Tanaman petai yang bagus bakal berkembangbiak setelah memiliki umur berkisar 3-4 tahun. Sesudah umur mencapai 25 tahun, tanaman petai butuh langkah peremajaan yang cukup.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Jitu Cara Budidaya Petai (Pete), Supaya Hasil Melimpah"

  1. info yg menarik..

    Belajar sesuatu yang baru dan menghasilkan uang! Saya baru saja menutup perdagangan dengan 168.00 pips keuntungan dan memperoleh uang ekstra di AGEA (www.agea.com)!

    BalasHapus