HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Ini Dia Tahapan Penting Ketika Budidaya Jengkol Agar Berhasil Maksimal


Jengkol merupakan keluarga polong-polongan (Fabaceae). Buahnya berbentuk polong serta teksturnya pipih/gepeng, membelit berbentuk spiral, berwarna sedikit lembayung tua. Biji buahnya memiliki kulit ari tipis serta coklat mengkilap. Jengkol pula bisa mengakibatkan aroma yang tidak sedap pada urin saat sesudah diolah serta di proses oleh pencernaan tubuh, seperti contoh jika dimakan menjadi lalapan.

Serta jika Anda ingin membudidayakan tanaman jengkol ini, maka ada beberapa langkah tepat yang harus Anda kerjakan. Yakni antara lain sebagai berikut :

(1). Area Tanam Jengkol
Sebelum Anda melakukan langkah awal guna budidaya jengkol tahap pertama yang harus disiapkan yakni area guna menanamnya. Umumnya pohon jengkol ialah tanaman yang bisa berkembang biak dimana saja, terkadang juga di halaman rumah. Sebagai tanaman endemik daerah tropis, tanaman jengkol sangat pas ditanam pada daerah dataran rendah. Tanaman ini memerlukan cahaya matahari secara langsung setiap hari. Oleh sebab itu, pastikan area tanam jengkol tak tertutup oleh cahaya matahari. Sebab menjadi tanaman daerah tropis, jengkol memerlukan kesediaan air yang cukup tinggi serta pula diimbangi dengan kadar kelembapan yang lumayan.

# Baca juga Cara Budidaya Jagung Manis Yang Benar

(2). Masa Tanam Jengkol
Walaupun pohon jengkol bisa dikembangbiakkan dimana saja serta tak memerlukan area tertentu, tetap butuh diperhatikan serta dicek ketika awal penanamannya. Menurut penelitian, pohon jengkol bakal lebiih gampang tumbuh jika ditanam pada awal musim hujan. Pohon bakal lebih pesat tumbuh serta berkembang. Hal semacam ini tentu bakal menjadikan pohon jengkol berbuah pesat dan cepat.


(3). Pembibitan & Penanaman Jengkol
Pohon jengkol bisa dikembangkan menggunakan 2 cara, yakni ditanam berasal bijinya ataupun lewat cara cangkok. Guna mendapatkan bibit jengkol berkuialitas, tahap awal yang wajib dikerjakan ialah menyiapkan kantong plastik atau polybag tanam berukuran mini/kecil yang dalamnya telah diisi tanah.

Masukkan dan tanam biji jengkol pada plastik tanaman yang sudah diisi tanah subur tersebut. Siram dengan teratur sampai tumbuh kecambah jengkol yang bakal keluar sekitar 2 sampai 3 minggu setelahnya. Sesudah kecambah jengkol keluar serta muncul, waktunya bibit tersebut dipisahkan dan dipindah ke area yang cukup besar yang telah disediakan. Kasih pupuk dengan cara teratur supaya pohon bisa berkembang sehat. Jangan lupa beri perlindungan ketika tanaman masih muda supaya tak diserang oleh hama atau penyakit.

# Jangan lewatkan Cara Budidaya Pisang Cavendish

(4). Kultivasi Tanaman Jengkol
Usaha guna budidaya jengkol di Indonesia, masih jarang ditemui. Hal semacam ini diakibatkan jengkol umumnya tumbuh liar sebab tanaman ini gampang sekali tumbuh. Pohon jengkol dapat dikembangbiakkan dari bijinya ata pula menggunakan teknik cangkok. Tanaman jengkol yang dibudidayakan lewat biji maupun bibit bakal berbuah jika sudah berumur sekitar 5 tahun atau juga lebih. Bila pohon jengkol Berkembang lewat tahap teknik cangkok, waktu yang dibutuhkan untuk berbuah bakal jauh lebih sedikit pendek.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia Tahapan Penting Ketika Budidaya Jengkol Agar Berhasil Maksimal"

Posting Komentar