HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Praktis Budidaya Jagung Manis, Yang Jarang Diketahui Orang!


Jagung manis ialah kelompok budidaya kultivar jagung yang lumayan penting secara komersial, sesudah jagung biasa (juga dikenal dengan jagung ladang ataupun field corn). Keunggulannya yakni kandungan gula (sukrosa) yang cukup tinggi saat waktu dipanen. Pemanenan guna produksi sering dikerjakan ketika muda (proses "masak susu", sekitar 18-22 hari sesudah penyerbukan).

Beda dengan jagung ladang, jagung manis ini umumnya tak dijual untuk makanan ternak, tetapi untuk di konsumsi manusia. Pengolahan jagung manis bisa direbus/dinanak, dibakar, ataupun bubur. Jagung manis pada perdagangan dimasukkan ke dalam kelompok sayur-sayuran walaupun jagung ladang termasuk kelompok palawija. Ini dikarenakan jagung manis dijual fresh serta gampang rusak (perishable). Rasa manis tak akan lama (1-4 hari saja). Oleh sebab itu, "masa simpan" jadi salah satu indikator mutu yang amat penting.

# Baca juga Cara Budidaya Petai (Petai) Agar Hasil Melimpah

Nah, berikut tahapan praktis cara budidaya jagung manis, seperti apa tahapan-tahapanya? Yakni, sebagai berikut :

(1). Pengolahan Lahan
Persiapan yang wajib dikerjakan sebelum membudidayakan jagung manis ialah menyediakan area dengan dicangkul. Berikutnya buat bedengan menggunakan lebar sekitar 1 m serta tinggi sekitar 20–30 cm dengan jarak antara bedengan yakni 30 cm. Pada suatu bedengan area ada dua larikan tanam. Kasih pupuk dasar yang berasal dari kotoran ayam serta kotoran sapi atau kambing dengan ketentuan 1:1 disebarkan secara rata pada semua area tanam. Keperluan pupuk dasar kira-kira 5 ton per hektar.

(2). Budidaya Serta Perawatan
Langkah budidaya jagung manis dikerjakan secara ditugal. Langkah awal buat lubang tanam dengan kedalaman sekitar 2–3 cm untuk area tanam. Kasih jarak antara lubang tanam sekitar 60–75 cm. Berikan 2 butir benih jagung manis yang tersedia kedalamnya, selanjutnya tutup rapat menggunakan tanah. Siram supaya kelembapan tanah tetap terjaga serta bibit dapat tumbuh pesat. Guna keperluan benih setiap hektarnya yakni 8 kg. Kerjakan pengendalian hama serta penyakit dengan cara berkala serta ketika tanaman tergangggu hama dan juga penyakit menggunakan pestisida serta obat yang sesuai dengan takaran dosis yang betul.

# Dapatkan update harga produk untuk pertanian dan perkebunan

(3). Tahap Pemanenan
Jagung manis bisa akan berbunga ketika berumur sekitar 50 hari sesudah tanam. Kerjakan pemanenan jagung muda lebih dulu, yaitu jagung yang ada tepat di paling ujung pangkal. Tujuan utamanya supaya membuahkan hasil panen yang menguntungkan serta maksimal. Panen jagung bisa dikerjakan ketika jagung berumur sekitar 65–75 hari sesudah di tanam atau masa penanaman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Praktis Budidaya Jagung Manis, Yang Jarang Diketahui Orang!"

Posting Komentar