HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO BUDIDAYA TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Budidaya Pisang Cavendish Yang Benar


Apa Itu Pisang Cavendish?
Ayo siapa sich yang tak mengenal pisang cavendish dari jenis Buah Hortikultura, sekilas pisang ini memiliki kemiripan dengan pisang lokal asli Indonesia yakni pisang ambon, rasa manis dengan sedikit asam, daging buah putih kekuningan dan lembut. Kaya vitamin, mineral, karbohidrat, tepung & serat, menjadikan pisang canvendish begitu komersil sehingga memilki peluang usaha budidaya baik dari pemasaran buah,maupun dalam jual-beli bibit pisang.

Peluang Bisnis Pembibitan Pisang Cavendish
Hama & Penyakit Pisang Cavendish (Indentifikasi & Teknis Pengendalian)
Pisang cavendish memiliki ciri-ciri khas dalam bentuk morfologi dengan tinggi batang 2,5- 3 m, panjang tandan 60-100 cm, berat tandan rata-rata 15-30 kg,8 -13 sisir tiap tandan, tiap sisir terdiri dari 12-22 buah, waktu yang dibutuhkan sampai panen sekitar 12-13 bulan lamanya.

# Beberapa Syarat Tumbuh Pisang Cavendish
1. Tumbuh di iklim tropis dan subtropis.
2. Dapat tumbuh dengan baik dengan optimal di ketinggian di atas 1600m dpl.
3. Curah hujan optimal 200-250 mm dengan dua bulan masa kering.
4. Suhu optimum untuk pertumbuhan (27˚C-30 ˚C).
5. Kelembapan tanah 60-70%.
6. Toleran terhadap pH 4,5-7,5.
7. Bisa tumbuh dengan baik media tanah kaya humus dan liat berpasir.

# Baca juga Cara Budidaya Petai (Petai) Agar Hasil Panen Melimpah

# Tahap Persiapan Bibit
Pisang cavendish bisa diperbanyak secara vegetatif yakni mengambil bagain tertentu dari induknya dalam hal ini tunas-tunas anakan.

Persyaratan Pembibitan :
Calon anakan diambil dari Induk yang berbuah baik dan sehat.
Tinggi calon anakan bibit 1m-1,5 m dengan lebar 15 cm-20 cm.
Berikan perlakukan berupa sanitasi bibit sebelum tanam dengan memberikan insektisida dengan dosis 0,5-1 %,selama 10-15 menit, kemudian keringanginkan selama 1-2 agar luka pada calon bibit hasil pemotongan mengering . Hal ini berfungsi untuk menghindari penyebaran hama dan penyakit pada calon bibit pisang.

# Tahap Pengolahan Tanah
Bertujuan untuk menentukan & mempertimbangkan  jenis lahan tanam & jenis pengolahan tanah yang digunakan sehingga proses budidaya pada tanaman pisang cavendish mampu optimal.

Jenis Lahan Tanam. Pisang cavendish bisa ditanam pada tanah kering (tegalan ) & tanah persawahan (lahan sawah), waktu yang baik untuk pengolahan tanah pada tanah kering pada akhir musim kemarau, sedangkan untuk tanah persawahan awal musim kemarau.
Jenis pengolahan tanah. Pengolahan tanah bisa mengunakan alat manual (cangkul, dll) & mesin bajak. Untuk tanah dengan tingkat keasaman tinggi pH (<5,0) dilakukan pemberian kapur dengan dosis 300 kg/ha secara merata.
Pembuatan Teras (petakan) dan Saluran Pembuangan Air. Pembuatan Teras diperlukan untuk permukaan tanah yang miring,lebar teras menyesuaikan kemiringan tanah pada areal penanaman,Pembuatan Saluran air ini dianjurkan untuk areal tanam yang memiliki kemiringan kecil dan tanah datar,hal ini berfungsi mengindari genangan air berlebihan pada areal tanam pisang.

# Tahap Persiapan Penanaman
Adapaun tahap persiapan ini bertujuan untuk memastikan d& menentukan waktu yang terbaik untuk dilakukan penanaman, sesuaikan dengan kebutuhan permintaan pasar dengan waktu panen.

Sebaiknya waktu tanam pisang cavendish dilakukan menjelang musim penghujan yakni antara bulan september & oktober. Pembuatan lubang tanam yang dibuat dengan ukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm,dengan jarak tanam yang digunakan 3m x3m, pengerjaan lubang tanam dilakukan secara manual mengunakan cangkul,dengan memperhatikan kondisi cuaca (curah hujan tinggi)hal ini menjadi penghalang pekerjaan pembuatan lubang tanam.

# Jangan lewatkan untuk dapat info terbaru produk pertanian & perkebunan disini.

# Tahap Pemeliharaan
Tanaman Pisang Canvendish memerlukan pemeliharan yang optimal,sehingga mampu menghasilkan buah yang berkualitas baik,tidak rusak,terhindar dari hama dan penyakit,hal ini pemeliharaan menjadi komponen utama tidak bisa dipisahkan dan menjadi tolak ukur keberhasilan budidaya.

Pemeliharaan Tanaman Meliputi:
Penjarangan dan Perempalan. Penjarangan berfungsi mengatur jumlah anakan untuk satu rumpun terdiri dari 3-4 batang, memperkecil tingkat persaingan unsur hara dalam satu rumpun. Perempalanberfungsi berfungsi menjaga sanitasi kebersihan kebun dengan cara memangkas daun (pelepah)pisang yang telah kering.

Pengairan dan Penyiraman. Pengairan berfungsi menjaga ketersedian air di areal penanaman, karena pisang akan mampu berproduksi secara optimal dengan cara memperbaiki saluran pembuangan air. Penyiraman dilakukan dengan cara memberikan atau mengisi  Penyiangan dan Pembumbunan. Penyiangan berfungsi menghilangkan rumput liar (gulma)yang tumbuh di area penanaman dalam menjadi pesaing bagi tanaman utama dalam menbisakan unsur hara,penyiangan bisa dilakukan secara manual (cangkul dan koret),mesin (mesin potong rumput) dan kimiawi (pestisida:herbisida), kegiatan penyiangan dilakukan dengan melihat kondisi gulma,apabila telah melebihi batas ambang ekonomi dianggap menimbulkan ancaman kerugian, baru dilakukan tindakan penyiangan. Pembumbunan berfungsi untuk penggemburan tanah,kegiatan pembumbunan dilakukan bersamaan dengan kegiatan penyiangan.

Pemupukkan dan Pemberian Mulsa. Pemupukan berfungsi menjaga ketersedian unsur hara tanah (mikro dan makro) secara organik (kompos)dan anorganik (kimiawi: urea,sp-36, za, kcl dll). pemberian pupuk pisang dilakukan 2 kali selama masa tanam dengan dosis pupuk: urea 207 kg,sp-36 150 kg,kcl 200 kg untuk per 6 (enam)bulan. Pupuk diletakan didalam larikan yang mengitari rumpun tanaman.  Pemberian Mulsa berguna untuk mengurangi penguapan air tanah dan menekan pertumbuhan gulma dengan cara mengambil daun kering dari pisang tersebut di sekitaran rumpun.
Perawatan Buah (Pemberian Kantong Plastik). Setelah terlihat sisir pisang mengembang sempurna,tandan pisang dibungkus dengan kantong plastik bening,kantong plastik bening tersebut berbahan polietilen dengan ukuran 15-45 cm ,ketebalan 0,5-1 mm, diberikan lubang berdiameter 1.25 cm. Untuk menghindari kerusakan buah akibat hama (tupai dan kalong).

# Tahap Panen Pisang Cavendish
Umur Panen. Umur 1 tahun rata-rata pisang sudah berbuah,pentuan panen pisang cavendish ditentukan oleh umur buah dan bentuk buah. Salah satu ciri khas panen adalah mengeringnya daun bendera. Buah yang cukup umur untuk dipanen berumur 80-100 hari. Cara Panen. Buah pisang dipanen bersama tandannya dengan panjang tandan kira-kira 30 cm dari pangkal sisir paling atas dengan mengunakan pisau yang tajam. Panen dilakukan 3-10 hari sekali tergantung pengaturan jumlah tanaman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Pisang Cavendish Yang Benar"

Posting Komentar